SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Friday, 2 January 2015

Laporan Observasi Bahasa Inggris SD



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nyalah penulis dapat menyusun laporan hasil observasi Bahasa Inggris pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas Rendah. Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya dari jalan kegelapan kejalan yang terang benderang, penuh dengan ilmu pengetahuan.
Tujuan penyusunan laporan observasi ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas Rendah yang merupakan tugas Ujian Akhir Semester. Penulis menyadari bahwa hasil laporan ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kami berharap kepada semua pihak yang sekiranya membaca laporan ini dapat memberikan saran dan kritik yang baik agar dikemudian hari kami dapat menyempurnakan laporan ini.
            Penulis menyadari meskipun segala upaya telah penulis lakukan dalam penyusunan laporan ini namun pastilah masih ada kekurangan disana-sini dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu segala komentar yang berupa kritik dan saran dari semua pihak yang bertujuan demi kesempurnaan laporan ini, penulis terima dengan senang hati. Demikianlah kata pengantar ini penulis sampaikan, semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pengembangan dan pemantapan professional guru.

                                                                        Bekasi, 13 Desember 2014
                                                                                                           
                                                          
        Penulis

 



DAFTAR ISI

 


BAB I

BIOGRAFI

 

A. PROFIL SEKOLAH

I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama                                     :  SDS Bani Saleh II Bekasi
NSS                                        :  102026510042
NPSN                                      :  20231563
Alamat                                   :  Jl. Penegak II Blok IV Bumi Bekasi Baru Kota Bekasi –
                                                17115
Kelurahan                              :  Pengasinan
Kecamatan                             :  Rawalumbu
Kab/Kota                                :  Bekasi
Provinsi                                  :  Jawa Barat
No. Telp                                 :  021 – 8223249
Nama Kepala Sekolah              :  Dra. Hj. Ida Arijani
Kategori Sekolah                     :  Reguler
Tahun Pendirian                      :  1989
Status Sekolah                        :  Terakreditasi “A”
Kelompok Sekolah                   :  Inti
Keg.Belajar Mengajar              :  Pagi
Bangunan Sekolah                   :  Milik Sendiri
Luas Bangunan                        :  1.500 m2
Luas Tanah                              :  2.300 m2
               
II. FASILITAS SEKOLAH
1. Ruang Kelas Ber-AC                  6.   Ruang TU & Kepala Sekolah
2. Ruang UKS                               7.   Kantin                 
3. Ruang Perpustakaan                 8.   Lapangan
4. Ruang Komputer                      9.   Masjid
5. Ruang Guru                             10. Toilet & Tempat Berwudhu

 


B. VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

VISI :
Membentuk Generasi Mandiri, Berprestasi dan Berakhlaqul Karimah

MISI :
1)     Menerapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sejak dini
2)     Membentuk peserta didik untuk mengenal potensi pribadi sehingga menumbuhkan
        sikap mandiri dalam belajar, berbuat dan bertindak
3)     Menerapkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib yang berlaku
        secara konsisten dan konsekwen
4)     Melaksanakan pembelajaran ekstrakulikuler secara efektif sesuai bakat dan minat
        peserta didik
5)     Melaksanakan pembinaan praktik shalat wajib dan membaca Al-Qur’an secara baik
        dan benar
6)     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga peserta didik
        dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar minimal
7)     Meningkatkan aktivitas & kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan
        intrakurikuler dan ekstrakurikuler
8)     Menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuh kembangkan kemampuan berfikir
        aktif, kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah
9)     Menumbuhkan semangat berprestasi melalui pembinaan dan pelatihan untuk seluruh
        unsur yang ada disekolah
10)  Menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan komite serta instansi lain yang
      terkait untuk memajukan sekolah

TUJUAN :
Membentuk manusia seutuhnya, sehat jasmani dan rohani dengan Visi dan Misi SD 2 Bani Saleh sebagai aplikasinya, serta mengedepankan imtaq dan iptek.




C. JENJANG PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH

Nama                         :  Dra. Hj. Ida Arijani
T.T.L                           :  Madiun, 11 November 1961
Jabatan                      :  Kepala Sekolah SDS Bani Saleh II Bekasi
Jenjang Pendidikan     :
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1972
SDN Telaga Endrakila Madiun
2
SMP
1978
SMP Santo Yusuf Madiun
3
SMA
1981
SMAN 2 Madiun
4
Universitas
1986
IKIP Yogyakarta ( S1, Prodi : Akuntansi)

 

D. JENJANG PENDIDIKAN GURU

Nama                         :  Kukuh Sukmono, S.Pd
T.T.L                           :  Jakarta, 22 Desember 1973
Jabatan                      :  Guru Bahasa Inggris
Jenjang Pendidikan     :
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1986
SDN 09 Cipinang Muara
2
SMP
1989
SMP Bhayangkari
3
SMA
1992
SMA Imam Bonjol
4
Universitas
2005
STKIP Fak. Bahasa Inggris (S1, Prodi : Bahasa Inggris)

 

 


 

BAB II

HASIL OBSERVASI

 

A.   PRAOBSERVASI

Observasi merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik. Dalam hal ini kami kelompok satu selaku mahasiswa PGSD melakukan observasi di SDS Bani Saleh II Bekasi untuk memenuhi tugas dalam bentuk laporan observasi pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah. Alasan kami memilih SDS Bani Saleh II Bekasi sebagai tempat pelaksanaan observasi karena letak sekolah tersebut strategis dari Universitas Islam 45 Bekasi. Alasan lainnya karena kami ingin mengamati sekolah swasta bernuansa islam yang cenderung lebih memiliki kreatif dalam mengaplikasikan kegiatan belajarnya.
Laporan hasil observasi ini disusun guna mememenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Rendah. Dengan adanya observasi ini diharapkan kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran ( mata pelajaran Bahasa Indonesia ). Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.

B.  WAKTU PELAKSANAAN

Penulis melakukan observasi untuk memperoleh data-data mengenai proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) pada kurikulum 2013, kegiatan observasi dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal             :  Senin, 22 Desember 2014
Tempat                       :  SDS Bani Saleh II Bekasi
Waktu                         :  07.30 s/d selesai




C.  KEGIATAN PEMBELAJARAN SAAT OBSERVASI

Kelas Observasi              :  III (Tiga)
Guru Kelas                     :  Kukuh Sukmono, S.Pd
Jumlah Siswa                 :  29 siswa
Model Pembelajaran       :  CTL (Conceptual Teaching Learning)
Metode Pembelajaran     :  TPR (Total Physical Response) & Direct Method
Teknik Pembelajaran      :  Getting to know the partner
Kurikulum                      :  KTSP
Materi                            :  “I have” (Kepemilikan)
Penerbit Buku                 :  Yudhistira
Pengarang Buku              :  Eko Marsudiono dkk


C. DESKRIPSI PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Berdasarkan hasil pelaksanaan observasi yang telah penulis jalankan, perlu kiranya penulis menjelaskan hal-hal mengenai proses pembelajaran siswa siswi kelas III SD di SDS Bani Saleh II adalah sebagai berikut :

1.  Keterampilan Membuka Pelajaran
Di awal sebelum memasuki materi pelajaran, guru membangkitkan semangat siswa dengan mengucapkan “are you ready to study?”
 agar siswa menjadi bersemangat. Kemudian guru mengecek daftar kehadiran siswa satu persatu. Pada awal memulai pelajaran, guru sudah menggunakan direct method saat menanyakan ice breaking pada siswa. Suasana kelas diawal sangat kondusif.

2.  Keterampilan Bertanya
Guru memiliki keterampilan bertanya yang baik yaitu dengan mengadakan variasi belajar yang menyenangkan melalui beberapa pertanyaan (pada saat kegiatan pembelajaran sedang dilakukan) yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan dipelajari secara satu persatu kepada siswanya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memasuki materi lebih lanjut dan mengetahui isi materinya.

3. Keterampilan Memberi Penguatan Kepada Siswa
            Di dalam proses belajar yang sedang berlangsung, guru sering memberikan pujian-pujian untuk siswanya. Pujian-pujian tersebut meliputi perkataan “pintar”, “bagus” , selain perkataan, guru memberikan pujian berbentuk non verbal dengan gerakan mendekati merangkul siswanya dan pemberian tepuk tangan bagi siswa yang pemberani menjawab setiap pertanyaan yang diajukan guru.

4. Keterampilan Menyajikan Materi Pembelajaran
            Saat memasuki materi pelajaran, materi pelajaran yang disampaikan oleh guru adalah tentang “i have”. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah guru melakukan kegiatan eksplorasi dengan cara mengadakan tanya jawab satu persatu kepada siswanya, benda apa yang mereka miliki yang mereka bawa hari ini dengan penggunaan bahasa inggris yang dibimbing oleh gurunya jika siswa masih ragu mengucapkannya.
            Setelah itu, guru menjelaskan materi kepada siswanya agar siswa lebih memahami materi pelajaran lebih dalam. Gaya guru yang dipakai dalam menjelaskan materi adalah dengan menggunakan metode TPR. Beliau memakai metode tersebut agar siswa lebih mudah dalam menghafal struktur pemakaian kepemilikan daripada menjelaskannya dengan menggunakan tulisan. Setelah guru menjelaskan materi, siswa diberikan latihan menjodohkan struktur kepemilikan dipapan tulis. Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa yang pemberani untuk menjawab soal jodoh tersebut.
            Lalu guru mengadakan variasi belajar dengan mengadakan sebuah permainan percakapan berlawanan antara satu kelompok dengan kelompok lain. Permainan tersebut mengenai hal yang sama yaitu tentang menanyakan kepemilikan. Tiap siswa membawa benda yang mereka bawa, lalu siswa dari kelompok lain menanyakan apa yang siswa bawa. Permainan berlangsung sangat seru, semua siswa sangat antusias dalam mengikuti sebuah permainan yang diadakan oleh guru tersebut.

5. Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar
            Keterampilan mengadakan variasi mengajar yang guru lakukan adalah variasi penggunaan suara berupa intonasi yang sesuai dengan situasi materi pelajaran.
Variasi suara guru dilakukan agar pembelajaran tidak terlihat membosankan, guru selalu memakai variasi intonasi suara yang tidak mendatar agar siswa tidak bosan mendengar setiap kata yang disampaikan oleh guru tersebut
            Selain keterampilan variasi suara yang dilakukan, guru juga menggunakan variasi gerak badan. Guru mengadakan variasi gerak badan secara merata mengelilingi dihadapan siswanya agar dapat mengelola kelasnya dengan baik, sehingga posisi guru tidak hanya berdiri di depan papan tulis atau duduk di meja guru saja, namun bergerak menghampiri siswa-siswanya agar juga terlihat tidak membosankan.

6. Keterampilan Mengelola Kelas
            Ketika proses belajar sedang berlangsung, suasana kelas terlihat kondusif pada saat awal pembelajaran hingga penjelasan materi yang guru sampaikan. Namun saat permainan sedang berlangsung, suasana kelas terlihat ramai. Namun guru dapat megkondisikan kelas dengan segera. Siswa secara keseluruhan dapat mengikuti alur pelajaran dengan antusias.

7. Keterampilan Membimbing Diskusi Perseorangan
            Pada saat latihan lembar kerja siswa, guru melakukan kegiatan membimbing diskusi perseorangan dengan cara mengelilingi setiap siswa. Jika ada siswa yang tidak mengerti, beliau dengan tanggap membantu siswa tersebut.

8. Keterampilan Menutup Pelajaran
            Pada saat materi pelajaran dengan kegiatan membaca tersebut telah selesai, Guru memberikan penugasan tertulis kepada siswa secara individu sebagai bentuk evaluasi. Setelah latihan lembar kerja siswa selesai, guru merefleksi dengan cara mengajak siswa untuk mengingat kembali kegiatan pembelajaran yang sudah dipelajari.





BAB III

PENUTUP



A. KESIMPULAN

Observasi merupakan kegiatan atau teknik pengumpulan data, dimana peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan[1]. Secara umum kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bisa memperoleh data informasi yang akurat langsung dari objek sasaran. Proses pembelajaran yang berada di kelas III SDS Bani Saleh II Bekasi secara keseluruhan sudah baik dalam standar pengajaran pelajaran Bahasa Inggris.
Proses pembelajaran kelas I yang dilaksanakan pada saat penulis melakukan observasi yaitu pukul 07.30 berlangsung baik. Kondisi kelas cukup kondusif karena guru dapat melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Siswa terlihat tampak antusias mengikuti alur materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Pada saat kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris sedang berlangsung, dari kegiatan awal hingga akhir guru melakukan metode langsung atau direct method disertai dengan terjemahannya agar siswa tidak terlihat kebingungan saat guru sedang berucap. Perlu diketahui bahwa direct method adalah metode “terjemahan tata bahasa” dalam upaya untuk lebih mengintegrasikan penggunaan bahasa target dalam pengajaran dan komunikasi di dalam kelas, dengan dengan menghindari teknik penerjemahan bahasa pertama. Metode ini mirip dengan metode “Seri Gouin,” yaitu, bahwa belajar bahasa kedua harus mirip dengan pembelajaran bahasa pertama; banyak interaksi lisan, dan sedikit aturan analisis gramatikal[2].
Disamping itu juga, guru menggunakan metode TPR dimana TPR adalah pendekatan pemahaman yaitu suatu metode pendekatan bahasa asing dengan instruksi atau perintah[3].
Pembelajaran yang disampaikan oleh guru sudah bagus, beliau memiliki hampir semua delapan keterampilan mengajar. Disamping itu, siswa juga terlihat antusias dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru.

B. SARAN

Saran kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu di sarankan pada calon guru seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajaran. Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.
Namun menurut saran penulis, guru agar lebih memperhatikan dan memperdulikan siswa yang terlihat kurang berani dalam menyampaikan pendapat atau jawaban. Karena keterampilan memberi penguatan sangat penting diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Dengan adanya penguatan, usaha peserta didik merasa dihargai karena peserta didik terdorong untuk terlibat dalam proses pembelajaran dan terfokus pada materi yang sedang dipelajarinya. Selain itu penguatan dapat membina dan mengembangkan tingkah laku peserta didik yang produktif[4]
Hal ini penulis sarankan agar siswa yang kurang memiliki keberanian dapat dimotivasi lebih dalam dan diberikan dorongan sampai mereka terbiasa menjadi pemberani dan menjadi aktif.

            

DAFTAR PUSTAKA

 

Riduwan. 2004. “Definisi Observasi” jurnal, hlm:104

Brown. 2001. “Definisi Direct Method” jurnal, hlm:21
Freeman, Larson. 1986. “Definisi Total Physical Response” jurnal, hlm:116
Moch Uzher Usman, Keterampilan Memberi Penguatan, 1992, hlm:141



[1] Riduwan., Definisi Observasi, 2004 hlm: 104
[2] Brown., Definisi Direct Method , 2001 hlm: 21
[3] Freeman, Larson., Definisi Total Physical Response., 1986, hlm:116
[4] Moch Uzher Usman, Keterampilan Memberi Penguatan, 1992, hlm:141



LAMPIRAN






 

2 comments:

Unknown said...

thanks you so much your writing can help me :}

Unknown said...

very helpful, thank you so much :)

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace