RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD ...
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester :
III / 1
Alokasi
Waktu : 1 X 40 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
2.
Mengenal berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari
hari
B. KOMPETENSI DASAR
2.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas dan bunyi
C. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi sumber-sumber panas dan
bunyi
2. Melakukan kegiatan eksperimen adanya
perpindahan panas
3. Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh
benda yang bergetar
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
mengikuti pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
1. Menunjukan adanya perpindahan panas yang
dihasilkan
2. Mengetahui penyebab terjadinya bunyi
3. Karakter
yang diharapkan siswa dapat bersikap jujur, teliti, bertanggung jawab
E. MATERI PEMBELAJARAN
Energi
dan perubahannya
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model
Pembelajaran : Eksperimen
Metode
Pembelajaran :
1.
Ceramah
2.
Tanya Jawab
3.
Eksperimen
4.
Diskusi Kelompok
G. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
a.
Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa
sebelum memulai pembelajaran
· Selamat
pagi anak – anak
· Bagaimana
kabarnya hari ini ?
· Sebelum
kita memulai pelajaran, yuk kita bersama – sama membaca do’a
dengan lafadz
basmallah
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa
· Siapa
yang hari ini tidak masuk ?
· Mengapa
?
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
· Hari
ini kita akan belajar tentang mengenal sumber - sumber energi panas
dan bunyi
d.
Orientasi (Pendahuluan)
· Apa
yang kamu ketahui tentang energi ?
· Macam
– macam energi apa saja yang kalian ketahui ?
2. Kegiatan Inti
a.
Guru menyampaikan materi pembelajaran
b.
Guru membagi kelompok secara heterogen
· Kita
akan membuat 4 kelompok, dalam setiap kelompok ada 5 sampai 6
anggota
c.
Guru menulis nama – nama kelompok
dipapan tulis
d.
Guru mengatur posisi duduk siswa sesuai
kelompoknya
· Sekarang,
duduklah sesuai dengan kelompoknya masing-masing
e.
Guru membagikan alat dan bahan praktikum
pada setiap kelompok
· Ibu
akan membagikan alat dan bahan praktikum kepada kalian dalam tiap –
tiap
kelompok
f.
Guru membagikan LKS pada setiap kelompok
g.
Guru mengarahkan langkah – langkah
praktikum kepada siswa secara berurutan
· Percobaan
Pertama
1.
Ayo siapkan alat dan bahan yang
menunjukkan perpindahan panas
2.
Ayo bersama - sama kita nyalakan lilin
dan tempelkan bagian bawah lilin
pada wadah
3.
Kemudian ayo selimutkan ujung kawat
dengan menggunakan sapu tangan
4.
Setelah itu, panaskan kawat di atas
lilin
5.
Coba lihat, apa yang terjadi pada kawat
tersebut ?
· Percobaan
Kedua
1.
Ayo siapkan alat dan bahan yang menunjukkan
terjadinya bunyi
2.
Ambillah karet gelang dan gelas plastik
3.
Rentangkanlah karet gelang pada gelas
plastik
4.
Coba perhatikan, apakah yang terjadi ?
5.
Ambillah karet gelang dan gelas kaca
6.
Rentangkanlah karet gelang pada gelas
kaca
7.
Coba perhatikan, apakah yang terjadi ?
8.
Ayo kita bandingkan, bunyi yang
dihasilkan dari kedua percobaan tersebut
lebih nyaring mana?
3. Kegiatan Akhir
a.
Masing – masing perwakilan kelompok
mempresentasikan hasil pengamatan di
depan kelas
·
Coba ibu minta, perwakilan dari setiap
kelompok mempresentasikan
hasil praktikumnya masing-masing
b.
Guru menyimpulkan kegiatan praktikum
·
Kita simpulkan pembelajaran kita hari
ini
·
Hari ini kita sudah belajar tentang apa
?
·
Masih ingatkah macam – macam energi apa
sajakah yang kalian ketahui?
c.
Guru memberikan penguatan
·
Dari praktikum yang sudah kita lakukan,
kawat jika dipanaskan diatas
lilin akan terjadi perambatan panas dari lilin
·
Dan jika sebuah karet gelang
direntangkan digelas, kemudian ditarik
maka akan menghasilkan energi bunyi
d.
Guru menutup pembelajaran
·
Pembelajaran kita pada hari ini cukup,
kita sambung di senin depan
·
Kita akhiri pelajaran dengan membaca
lafadz hamdallah
H. SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Sumber
Pembelajaran
a. Buku
Sains 2, Sudibyo dkk, Sinergi Pustaka Indonesia, 2004.
b. Kurikulum
2013
c. Model
Silabus kelas 2 SD
2.
Alat
Pembelajaran
a. Lilin
b. Korek
Api
c. Kawat
(Batang Besi)
d. Wadah
e. Sapu
Tangan
f. Karet
g. Gelas
Plastik
h. Gelas
Kaca
I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a.
Tes Lisan
b.
Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen
b.
Terlampir
LAMPIRAN
LEMBAR
KERJA SISWA
Nama
Kelompok
1.
2.
3.
4.
5.
6.
KEGIATAN PRAKTIKUM 1
A. Tujuan
: Menunjukkan Perpindahan Panas
B. Alat
dan Bahan :
1.
Kawat (Batang Besi)
2.
Lilin
3.
Korek Api
4.
Wadah
5.
Sapu Tangan
C. Cara
Kerja :
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Nyalakan lilin dan tempelkan bagian
bawah lilin pada wadah
3.
Selimutkan ujung kawat (batang besi)
dengan menggunakan sapu tangan
4.
Kemudian, panaskan kawa (batang
besi) di atas lilin
5.
Lalu amatilah apa yang terjadi pada
kawat (batang Besi) tersebut
D. Pertanyaan
:
1.
Apa yang terjadi pada kawat sebelum
dipanaskan di atas lilin ?
Jawab
:
2.
Apa yang terjadi pada kawat setelah
dipanaskan di atas lilin ?
Jawab :
E. Kesimpulan
:
1.
Apa tujuan dari pengamatan tersebut ?
Jawab
:
2.
Mengapa kawat yang dipanaskan oleh lilin
mengalami perpindahan panas ?
Jawab
:
KEGIATAN
PRAKTIKUM 2
A. Tujuan
: Mengetahui penyebab terjadinya bunyi
B. Alat
dan Bahan :
1.
Karet Gelang
2.
Gelas Plastik
3.
Gelas Kaca
C. Cara
Kerja :
1.1
Percobaan pada gelas plastik
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Ambilah sebuah karet gelang dan gelas
plastik
3.
Rentangkan karet gelang pada gelas plastik
4.
Coba perhatikan, apakah yang terjadi ?
2.1
Percobaan pada gelas kaca
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Ambilah sebuah karet gelang dan gelas kaca
3.
Rentangkan karet gelang pada gelas kaca
4.
Coba perhatikan, apakah yang terjadi ?
D. Pertanyaan
:
1.
Apa yang terjadi bila karet yang berada
pada gelas plastik dan gelas kaca di
tarik dan dilepaskan ?
Jawab
:
2.
Bandingkanlah antara percobaan pada
gelas plastik dan gelas kaca, Bunyi
yang dihasilkan pada karet lebih nyaring
mana ?
Jawab
:
E.
Kesimpulan
1.
Apa tujuan dari pengamatan tersebut ?
Jawab
:
2.
Apa yang menyebabkan terjadinya bunyi ?
Jawab
:
0 comments:
Post a Comment