RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Bani Saleh II Bekasi
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III / II
Materi Pokok : Geometri dan
Pengukuran
Sub Materi : Satuan
Hubungan Berat
Alokasi waktu : 1 x 30 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah.
B. KOMPETENSI DASAR
2.3 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan
panjang, dan antar satuan
berat.
C. INDIKATOR
1.
Kognitif
a. Menentukan
hubungan kg dengan ons dan sebaliknya
b. Menentukan
hubungan ons dengan gram dan sebaliknya
c. Menentukan
hubungan kg dengan gram dan sebaliknya
d. Membandingkan
besaran satuan berat yang pertama dengan satuan berat yang
kedua
2.
Afektif
a. Aktif dalam kegiatan pembelajaran
b. Memperhatikan penjelasan dari guru
3.
Psikomotor
Mampu
mengembangkan motorik halusnya dalam menulis lembar kerja siswa.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
a. Siswa
dapat menentukan hubungan kg dengan ons dan sebaliknya
b. Siswa
dapat menentukan hubungan kg dengan gram dan sebaliknya
c. Siswa
dapat menentukan hubungan kg dengan
gram dan sebaliknya
d. Siswa
dapat Membandingkan besaran satuan berat yang pertama dengan satuan berat
yang
kedua
2.
Afektif
a.
Siswa diharapkan dapat aktif dalam
kegiatan pembelajaran
b.
Siswa diharapkan dapat memperhatikan
penjelasan dari guru
3.
Psikomotor
Setelah
memperhatikan penjelasan dari guru, siswa dapat mengembangkan motorik halusnya
dalam menulis lembar kerja siswa
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Massa
Metrik: Gram dan Kilogram
2. Hubungan Antar Satuan Berat
1 kg = 10 ons
1 ons = 100 gram
1 kg = 1000 gram
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model
Pembelajaran : CL (Cooperative Learning)
2. Metode
Pembelajaran :
·
Metode Ceramah
·
Metode Tanya Jawab
·
Metode Demonstrasi
·
Metode Diskusi Kelompok
G. LANGKAH - LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal (4 Menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Siswa dikondisikan agar siap untuk
belajar
|
1 Menit
|
2
|
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan
agama masing-masing
|
|
3
|
Guru menanyakan kabar siswa
|
3 Menit
|
3
|
Siswa mendapatkan informasi dari guru
tentang tujuan
pembelajaran pada pertemuan hari ini
|
2.
Kegiatan
Inti (23 Menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Eksplorasi
a. Guru dan siswa mendiskusikan materi
pelajaran
b. Siswa mencoba mengerjakan soal latihan
di depan
kelas
c. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang
beranggotakan 5 sampai 6 siswa
|
15 Menit
|
2
|
Elaborasi
a. Guru membagikan lembar kerja siswa pada
tiap
kelompok
b. Siswa mendiskusikan lembar kerja siswa
c. Perwakilan dalam tiap kelompok
menuliskan dan
menjelaskan hasil diskusinya di depan kelas
|
10 Menit
|
3
|
Konfirmasi
a. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
b. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
membenarkan
atau meluruskan yang salah, menambah
hal yang
masih kurang serta memberikan penguatan tentang
materi yang telah
dipelajari
|
3 Menit
|
3.
Kegiatan
Akhir (3 Menit)
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Siswa bersama guru memberikan kesimpulan
mengenai materi pelajaran yang telah diperolehnya hari ini
|
2
Menit
|
2.
|
Guru menutup pelajaran
|
1
Menit
|
H. SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
1. Sumber
Pembelajaran : Buku Panduan Matematika
Kelas III
2. Alat
Pembelajaran :
a.
Notebook
b.
Slide Power Point
c.
Proyektor
d.
Media Alat Peraga
I. PENILAIAN
1. Penilaian Kognitif
a.
Teknik Penilaian : LKS (Lembar Kerja Siswa)
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
2. Penilaian Afektif
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Sikap
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
3. Penilaian
Psikomotor
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Individu
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
LAMPIRAN
1.
Penilaian
Kognitif : LKS (Lembar Kerja Siswa)
Nama
Kelompok :
Nama
Anggota :
Jawablah pertanyaan dibawah
ini dengan benar dan tepat !
1) Dalam 5 kg sama dengan
berapa g (gram) ?
5 kg = g
2) Dalam 700 ons sama
dengan berapa kg ?
700
ons = kg
3) Dalam 10 kg sama dengan
berapa ons ?
10 kg = ons
4) Dalam 9 ons sama dengan
berapa g (gram) ?
9 ons = g
5) Dalam 600 g (gram) sama
dengan berapa ons ?
600 g = ons
Bandingkanlah
dengan menggunakan : > .... lebih besar dari ....
< .... lebih kecil dari ....
= .... sama dengan ....
1) 2
kg 400 g , Buktikanlah ! 2 kg = ....
g 400 g
2) 3
kg 3.000 g ,
Buktikanlah ! 3 kg = ....
g 3.000 g
3) 6
ons 500 g , Buktikanlah ! 6 ons = ....
g 500 g
4) 400
g 6 ons , Buktikanlah ! 400 g = ....
ons
6 ons
5) 100
ons 1 kg , Buktikanlah ! 100 ons = ....
kg 1 kg
2.
Rubrik
Penilaian Kognitif
No
|
Indikator
|
No Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Menentukan hubungan
kg dengan g
|
1
|
10
|
2
|
Menentukan hubungan
ons dengan kg
|
2
|
10
|
3
|
Menentukan hubungan
kg dengan ons
|
3
|
10
|
4
|
Menentukan hubungan
ons dengan g
|
4
|
10
|
5
|
Menentukan hubungan g
dengan ons
|
5
|
10
|
No
|
Indikator
|
No Butir Soal
|
Skor
|
1
|
Membandingkan besaran
satuan berat “ ... lebih besar dari ... “
|
1
dan 3
|
10
|
2
|
Membandingkan besaran
satuan berat “ ... lebih kecil dari ... “
|
4
|
10
|
3
|
Membandingkan besaran
satuan berat “ ... sama dengan ... “
|
2
dan 5
|
10
|
3.
Penilaian
Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
Kedisiplinan
|
Perhatian
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
3 = Baik
2 =
Cukup Baik
1 =
Kurang Baik
4.
Rubrik
Penilaian Afektif
No
|
Indikator
|
No Butir Soal
|
1
|
Aktif berpartisipasi
dalam diskusi kelompok
|
1
|
2
|
Disiplin dalam
mengerjakan tugas kelompok
|
2
|
3
|
Memperhatikan
intruksi yang disampaikan guru
|
3
|
5.
Penilaian
Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Berjalan
|
Menulis
|
||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
|
|
|
6.
Rubrik
Penilaian Psikomotor
No
|
Indikator
|
No Butir Soal
|
1
|
Menjawab pertanyaan
di depan kelas
|
1
|
2
|
Menjawab lembar kerja
siswa (LKS) secara kelompok
|
2
|
0 comments:
Post a Comment