SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday, 13 October 2016

Tujuan dan Fungsi Membaca


1. TUJUAN MEMBACA
Membaca hendaknya mempunyai tujuan, karena seseorang yang membaca dengan suatu tujuan, cenderung lebih memahami dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai tujuan. Dalam kegiatan membaca dikelas, guru seharusnya menyusun tujuan membaca yang menyediakan tujuan khusus yang sesuai dengan membantu guru menyusun tujuan membaca siswa itu sendiri.
Tujuan pembelajaran membaca harus disesuaikan dengan kurikulum dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sehingga siswa dapat memiliki kompetensi didalam pokok bahasan membaca. Dalam hal ini, siswa dituntut untuk terampil dalam membaca sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menurut Tarigan (2008:9), mengemukakan bahwa tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Makna erat sekali berhubungan dengan maksud tujuan, atau intensif kita dalam membaca.
Menurut Anderson dalam Dalman (2013:11), ada tujuh macam tujuan dari kegiatan membaca, yaitu :
1)   Reading for details or fact (Membaca untuk memperoleh fakta atau perincian);
2)   Reading for main ideas (Membaca untuk memperoleh ide-ide utama);
3)   Reading for squence or organization (Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan struktur karangan);
4)   Reading for inference (Membaca untuk menyimpulkan);
5)   Reading to classify (Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan);
6)   Reading to evaluate (Membaca untuk menilai atau mengevaluasi); dan
7)   Reading to compare or contrast (Membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan).
Menurut Blanton dalam Farida (2010:11), menyatakan bahwa tujuan membaca mencakup :
1)   Kesenangan;
2)   Menyempurnakan membaca nyaring;
3)   Menggunakan strategi tertentu;
4)   Memperbaharui pengetahuannya tentang suatu topik;
5)   Mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya;
6)   Memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis;
7)   Mengkonfirmasikan atau menolak prediksi.
8)   Menampilkan suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain dan mempelajari tentang struktur teks; dan
9)   Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.


Berdasarkan pendapat para ahli, maka dapat dipahami bahwa terdapat berbagai macam tujuan membaca, semuanya dapat dicapai sesuai dengan kepentingan pembaca. Salah satu hal terpenting dari tujuan dasar membaca adalah untuk memperoleh informasi. Oleh sebab itu, sebelum membaca sebaiknya kita tentukan dahulu tujuan membaca kita agar informasi yang kita inginkan tercapai.
2. FUNGSI MEMBACA
Fungsi membaca adalah melatih otak kita untuk memusatkan pikiran. Otak kita diajak untuk memperhatikan kata demi kata yang ada pada teks bacaan tersebut. Kita tahu bahwa buku adalah jendela dunia, untuk mengetahui isi sebuah buku kita perlu memiliki keterampilan dalam membaca. Banyak sekali manfaat atau fungsi yang akan didapat dengan membaca.
Menurut Saddhono dan Slamet dalam Purnamasari (2015:21), menyatakan kegiatan membaca dapat mendatangkan berbagai fungsi atau manfaat, sebagai berikut :
1)   Memperoleh banyak pengalaman hidup;
2)   Memperoleh pengetahuan umum dan berbagai informasi tertentu yang sangat berguna bagi kehidupan;
3)   Mengetahui berbagai peristiwa besar dalam peradaban dan kebudayaan suatu bangsa;
4)   Dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir di dunia;
5)   Dapat mengayakan batin, memperluas cakrawala pandangan dan pola pikir, meningkatkan taraf hidup dan budaya keluarga, masyarakat, nusa, dan bangsa;
6)   Dapat memecahkan berbagai masalah kehidupan, serta mengantarkan seseorang menjadi pandai;
7)   Dapat memperkaya perbendaharaan kata, ungkapan, istilah, dan lain-lainnya yang sangat menunjang keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis; dan
8)   Mempertinggi potensialitas setiap pribadi dan mempermantab eksistensi.

Menurut Tampubolon dalam Dalman (2013:15) membaca untuk menemukan informasi fokus secara efisien, ada beberapa teknik membaca yang digunakan yaitu :
(1) baca-pilih (selecting), yaitu pembaca memilih bagian bacaan yang dianggap penting; (2) baca lompat (skipping), yaitu pembaca dalam menemukan bagian penting maka melompati bagian-bagian lain; (3) baca-layap (skimming), yaitu membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum suatu bacaan; dan (4) baca-tatap (scanning), yaitu membaca dengan cepat dan memusatkan perhatian untuk menemukan informasi penting, dan membaca dengan teliti sehingga informasi ditemukan dengan tepat dan benar.

Berdasarkan pendapat para ahli, maka dapat dipahami bahwa terdapat banyak manfaat yang didapat dengan membaca. Semua fungsi yang dipaparkan dapat dijadikan sebagai ladang pengetahuan yang dapat dipanen secara terus-menerus guna mengetahui banyak hal. Dengan banyak membaca, semakin banyak pula manfaat atau fungsi yang didapat.

DAFTAR PUSTAKA 
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Purnamasari, Santi. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Melalui Metode Cooperativd Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Perwira V Bekasi Utara. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi.
Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angka Bandung.

0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace