Membaca
hendaknya mempunyai tujuan, karena seseorang yang membaca dengan suatu tujuan,
cenderung lebih memahami dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai
tujuan. Dalam kegiatan membaca dikelas, guru seharusnya menyusun tujuan membaca
yang menyediakan tujuan khusus yang sesuai dengan membantu guru menyusun tujuan
membaca siswa itu sendiri.
Tujuan
pembelajaran membaca harus disesuaikan dengan kurikulum dan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) sehingga siswa dapat memiliki kompetensi didalam pokok bahasan
membaca. Dalam hal ini, siswa dituntut untuk terampil dalam membaca sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menurut Tarigan
(2008:9), mengemukakan bahwa tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari
serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Makna erat
sekali berhubungan dengan maksud tujuan, atau intensif kita dalam membaca.
Menurut Anderson
dalam Dalman (2013:11), ada tujuh macam tujuan dari kegiatan membaca, yaitu :
1)
Reading for
details or fact
(Membaca untuk memperoleh fakta atau perincian);
2)
Reading for main
ideas
(Membaca untuk memperoleh ide-ide utama);
3)
Reading for
squence or organization (Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan
struktur karangan);
4)
Reading for
inference
(Membaca untuk menyimpulkan);
5)
Reading to
classify
(Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan);
6)
Reading to
evaluate
(Membaca untuk menilai atau mengevaluasi); dan
7)
Reading to
compare or contrast
(Membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan).
Menurut Blanton
dalam Farida (2010:11), menyatakan bahwa tujuan membaca mencakup :
1)
Kesenangan;
2)
Menyempurnakan
membaca nyaring;
3)
Menggunakan
strategi tertentu;
4)
Memperbaharui
pengetahuannya tentang suatu topik;
5)
Mengaitkan
informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya;
6)
Memperoleh
informasi untuk laporan lisan atau tertulis;
7)
Mengkonfirmasikan
atau menolak prediksi.
8)
Menampilkan
suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks
dalam beberapa cara lain dan mempelajari tentang struktur teks; dan
9)
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.
Berdasarkan pendapat
para ahli, maka dapat dipahami bahwa terdapat berbagai macam tujuan membaca,
semuanya dapat dicapai sesuai dengan kepentingan pembaca. Salah satu hal
terpenting dari tujuan dasar membaca adalah untuk memperoleh informasi. Oleh
sebab itu, sebelum membaca sebaiknya kita tentukan dahulu tujuan membaca kita
agar informasi yang kita inginkan tercapai.
2. FUNGSI MEMBACA
Fungsi membaca
adalah melatih otak kita untuk memusatkan pikiran. Otak kita diajak untuk
memperhatikan kata demi kata yang ada pada teks bacaan tersebut. Kita tahu
bahwa buku adalah jendela dunia, untuk mengetahui isi sebuah buku kita perlu
memiliki keterampilan dalam membaca. Banyak sekali manfaat atau fungsi yang
akan didapat dengan membaca.
Menurut Saddhono
dan Slamet dalam Purnamasari (2015:21), menyatakan kegiatan membaca dapat
mendatangkan berbagai fungsi atau manfaat, sebagai berikut :
1)
Memperoleh
banyak pengalaman hidup;
2)
Memperoleh
pengetahuan umum dan berbagai informasi tertentu yang sangat berguna bagi
kehidupan;
3)
Mengetahui
berbagai peristiwa besar dalam peradaban dan kebudayaan suatu bangsa;
4)
Dapat
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir di dunia;
5)
Dapat
mengayakan batin, memperluas cakrawala pandangan dan pola pikir, meningkatkan
taraf hidup dan budaya keluarga, masyarakat, nusa, dan bangsa;
6)
Dapat
memecahkan berbagai masalah kehidupan, serta mengantarkan seseorang menjadi
pandai;
7)
Dapat
memperkaya perbendaharaan kata, ungkapan, istilah, dan lain-lainnya yang sangat
menunjang keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis; dan
8)
Mempertinggi
potensialitas setiap pribadi dan mempermantab eksistensi.
Menurut
Tampubolon dalam Dalman (2013:15) membaca untuk menemukan informasi fokus
secara efisien, ada beberapa teknik membaca yang digunakan yaitu :
(1) baca-pilih (selecting),
yaitu pembaca memilih bagian bacaan yang dianggap penting; (2) baca lompat (skipping), yaitu pembaca dalam
menemukan bagian penting maka melompati bagian-bagian lain; (3) baca-layap (skimming), yaitu membaca dengan cepat
untuk mengetahui isi umum suatu bacaan; dan (4) baca-tatap (scanning), yaitu membaca dengan cepat dan memusatkan perhatian
untuk menemukan informasi penting, dan membaca dengan teliti sehingga informasi
ditemukan dengan tepat dan benar.
Berdasarkan pendapat
para ahli, maka dapat dipahami bahwa terdapat banyak manfaat yang didapat
dengan membaca. Semua fungsi yang dipaparkan dapat dijadikan sebagai ladang
pengetahuan yang dapat dipanen secara terus-menerus guna mengetahui banyak hal.
Dengan banyak membaca, semakin banyak pula manfaat atau fungsi yang didapat.
DAFTAR PUSTAKA
Dalman.
2013. Keterampilan Membaca. Jakarta:
Raya Grafindo Persada.
Purnamasari, Santi. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas
II Melalui Metode Cooperativd Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di
SDN Perwira V Bekasi Utara. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45
Bekasi.
Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.
Jakarta: Bumi Aksara.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angka
Bandung.
0 comments:
Post a Comment