PENGERTIAN METODE DRILL
Metode
adalah langkah operasional dari strategi pembelajaran yang dipilih untuk mencapai
tujuan belajar. Menurut Syaiful Sagala dalam Haristia (2014:9) metode latihan (drill) atau training merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan
kebiasan-kebiasaan tertentu. Juga sebagai sarana untuk memperoleh suatu
ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan.
Menurut
Bahri (2010:95), metode drill adalah
suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan- kebiasaan tertentu.
Juga sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selain itu
metode ini dapat juga digunakan untuk memperoleh atau meningkatkan suatu
ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan.
Menurut Hamiyah (2014:54) Metode drill adalah suatu metode mengajar
dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang-ulang kepada peserta
didik, dan mengajaknya langsung ke tempat latihan keterampilan untuk melihat
proses, tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat dari sesuatu. Metode latihan
keterampilan ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis
pada siswa agar terbentuknya sebuah keterampilan yang permanen. Dengan
menggunakan metode drill akan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan latihan secara berulang
agar memiliki keterampilan membaca yang lebih tinggi dari apa telah yang
dipelajari.
Metode drill menurut Majid (2013:214) adalah
cara membelajarkan siswa untuk mengembangkan kemahiran dan keterampilan serta
dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan.
Berdasarkan
beberapa pendapat para ahli, maka dapat dipahami bahwa metode drill dapat disebut dengan metode
latihan. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang - ulang,
maka metode drill adalah suatu cara
guru membelajarkan siswanya dengan cara memberikan latihan secara berulang -
ulang guna mengembangkan kemahiran dan keterampilan secara permanen.
DAFTAR PUSTAKA
Bahri, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
Hamiyah, Nur. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas.
Jakarta: Prestasi Pustaka.
Haristia, Yessy. 2014. Pengaruh Metode Latihan (Drill) Terhadap
Kemampuan Menghitung Perkalian Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN
Setiadarma 04. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
0 comments:
Post a Comment