1. Pengertian Keterampilan Membaca
Menurut Dalman (2013:5), keterampilan membaca
adalah suatu keterampilan dalam kegiatan yang berupaya untuk menemukan berbagai
informasi yang terdapat dalam tulisan.
Menurut Klein, dkk dalam Rahim (2010:3), definisi
membaca adalah mencakup (1) membaca merupakan proses; (2) membaca adalah
strategis; dan (3) membaca merupakan interaktif. Membaca merupakan suatu proses
dimaksudkan informasi dari teks dan pengetahuan yang dimiliki oleh pembaca.
Menurut Daeng, dkk (2011:4), membaca dan menyimak
merupakan aktivitas kunci kita mendapatkan dan menguasai informasi, semakin
banyak informasi kita kuasai maka dengan banyak membaca berarti kita akan
mengetahui dan menguasai informasi sehingga memudahkan kita atau siapa pun
untuk mudah berbicara atau menulis.
Farr dalam Dalman (2013:5), mengemukakan, “reading is the heart of education”,
yang artinya membaca merupakan jantung pendidikan. Dalam hal ini, orang yang
sering membaca, pendidikannya akan maju dan ia akan memiliki wawasan yang luas.
Tentu saja hasil membacanya itu akan menjadi skemata baginya. Skemata ini
adalah pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh seseorang. Jadi semakin
sering seseorang membaca, maka akan semakin maju pula pendidikannya. Hal ini
yang melatarbelakangi banyak orang yang mengatakan bahwa membaca sama dengan membuka
jendela dunia. Dengan membaca kita dapat mengetahui seisi dunia dan pola
berpikir kita pun akan berkembang.
Menurut Sadhono dan Slamet dalam Purnamasari
(2014:12) keterampilan membaca adalah keterampilan mengenal dan memahami
tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi
wicara bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras.
Kegiatan membaca dapat bersuara dan dapat pula tidak bersuara.
Berdasarkan
beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca adalah
suatu keterampilan dalam mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk huruf, kata
dan kalimat dalam bacaannya guna memperoleh informasi yang terdapat dalam
bacaan. Dengan membaca kita dapat mengetahui isi dunia dan pola berpikir kita
menjadi berkembang, Hal ini pantas dikatakan bahwa membaca merupakan jantung pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Dalman.
2013. Keterampilan Membaca. Jakarta:
Raya Grafindo Persada.
Purnamasari, Santi. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas
II Melalui Metode Cooperativd Script Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di
SDN Perwira V Bekasi Utara. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45
Bekasi.
Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
0 comments:
Post a Comment