SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday, 13 October 2016

Teknik Mengajar Dengan Menggunakan Metode Drill

Teknik Mengajar Dengan Menggunakan Metode Drill

Menurut Saiful Sagala dalam Megawati (2014:26), Aspek untuk kesuksesan pelaksanaan metode drill, guru itu perlu memperhatikan langkah-langkah atau prosedur yang disusun sedemikian :
1)   Gunakanlah latihan ini hanya untuk pelajaran atau tindakan yang dilakukan secara otomatis ialah dilakukan siswa tanpa menggunakan pemikiran dan pertimbangan yang mendalam. Tetapi dapat dilakukan dengan cepat seperti : gerak refleksi seperti menghafal, melafalkan, menghitung, lari, dan sebagainya;
2)   Guru harus memiliki latihan yang mempunyai arti luas ialah yang dapat menanamkan pengertian pemahaman akan makna dan tujuan latihan sebelum mereka melakukan. Latihan itu juga mampu menyadarkan siswa akan kegunaan bagi kehidupannya saat sekarang maupun dimasa yang akan datang. Juga dengan latihan itu siswa merasa perlunya untuk melengkapi pelajaran yang diterimanya;
3)   Didalam latihan pendahuluan guru harus lebih menekankan pada diagnosa, karena latihan permulaan itu kita belum bisa mengharapkan siswa dapat menghasilkan keterampilan yang sempurna. Pada latihan berikutnya, guru perlu meneliti kesukaran yang dialami siswa, sehingga dapat memilih dan menentukan latihan mana yang perlu diperbaiki. Kemudian guru menunjukkan kepada siswa respon yang telah benar, dan memperbaiki respon-respon yang salah. Kalau perlu guru mengadakan variasi latihan dengan mengubah situasi dan kondisi latihan, sehingga timbul respon yang berbeda untuk peningkatan dan penyempurnaan keterampilannya;
4)   Perlu mengutamakan ketepatan, agar siswa melakukan latihan secara tepat, kemudian diperhatikan kecepatan; agar siswa dapat melakukan keterampilan menurut waktu yang telah ditentukan; juga perlu diperhatikan pula apakah respon siswa yang telah dilakukan dengan cepat dan tepat;
5)   Guru memperhitungkan waktu latihan yang singkat saja agar tidak meletihkan dan membosankan tetapi sering dilakukan pada kesempatan yang lain. Masa latihan itu harus menyenangkan dan menarik, bila perlu dengan mengubah situasi dan kondisi sehingga menimbulkan optimisme pada siswa dan kemungkinan rasa gembira tersebut dapat menghasilkan keterampilan yang baik;
6)   Guru dan siswa perlu memikirkan dan mengutamakan proses-proses yang pokok sehingga tidak tenggelam pada hal-hal yang tidak diperlukan;
7)   Guru perlu memperhatikan perbedaan individual siswa, sehingga kemampuan dan kebutuhan siswa masing-masing tersalurkan atau dikembangkan.

Disamping itu kesuksesan metode drill juga guru harus memperhatikan langkah-langkahnya. Menurut Roestiyah dalam Priliana (2014:35) langkah - langkah penerapan metode drill adalah sebagai berikut:
1)   Menjelaskan maksud dan tujuan latihan terbimbing pada siswa
2)   Mendiagnosa kemampuan awal siswa dengan cara mengecek kemampuan membaca awal siswa dalam membaca teks. Diagnosa awal belum dapat mengharapkan siswa untuk mendapatkan keterampilan yang sempurna.
3)   Mengadakan latihan terbimbing sehingga timbul respon siswa yang berbeda-beda untuk peningkatan keterampilan dan penyempurnaan kecakapan siswa.
4)   Memberi kesempatan untuk mengadakan latihan secara berulang-ulang dan memperhatikan apakah siswa telah melakukan latihan yang tepat.
5)   Meneliti hambatan atau kesukaran yang dialami siswa dengan cara bertanya kepada siswa, serta memperhatikan masa latihan dengan mengubah situasi sehingga menimbulkan optimisme dan rasa gembira pada siswa yang dapat menghasilkan keterampilan yang baik.
6)   Memperhatikan karakteristik siswa secara individual untuk melaksanakan treatment.


Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat dipahami bahwa cara mengatasi kelemahan metode drill ialah harus disesuaikan dengan kondisi objektif dimana pembelajaran itu berlangsung, dan jika dengan menggunakan beberapa langkah tertentu tampak sudah dapat mengatasi masalah, maka kegiatan belajar dilanjutkan sesuai yang telah disiapkan.

DAFTAR PUSTAKA
Megawati, Dwi. 2014. Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II di MI Muhammadiyah Danurejo Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Priliana, Bety Eko. 2014. Implementasi Metode Drill Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris pada Skill Membaca di SMPN 2 Kundus. Thesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace