SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday 10 July 2014

Makalah Organisasi Pertandingan


KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah Olahraga dan Kesehatan yang berjudul “Organisasi Pertandingan selesai tepat pada waktunya.
Makalah ini merupakan tugas bagi mahasiswa UNISMA Bekasi dalam mengikuti perkuliahan Olahraga dan Kesehatan. Makalah ini berisikan tentang informasi pengetahuan-pengetahuan yang menyangkut tentang cara membentuk stuktur panitia, mempersiapkan dan menjalanankan suatu pertandingan
Untuk meningkatkan kualitas dalam makalah kami, kiranya kami membutuhkan kritik dan saran untuk pembaca. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga makalah ini bermanfaat dan Allah meridhoi usaha kami Amin .




DAFTAR ISI












BAB III : KESIMPULAN.. 12




 


BAB I


PENDAHULUAN






1.    Latar Belakang


Setiap pertandingan atau perlombaan, balk yang berskala bestir maupun kecil memerlukan pengelolaan yang sebaik-baiknya. Kegiatan penyelenggaraan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, clan penilaian Berta pelaporan. Sesuai dengan ciri utama olahraga (terutama olahraga prestasi) yang mengutamakan prinsip pencapaian prestasi, penciptaan rekor, atau perolehan gelar juara, maka tujuan utama perlombaan atau pertandingan ialah menentukan siapa terunggul atau terbaik. Bersamaan dengan hal itu ada tujuan pelengkap lainnya, seperti pemanduan bakat, pengukuran hasil latihan atau sebagai kesempatan untuk menilai kemajuan aspek yang lebih khas, umpamanya yang berkenaan dengan keterampilan, kemampuan fisik, atau aspek mental.

Sesuai dengan ciri utama olahraga (terutama olahraga prestasi) yang mengutamakan prinsip pencapaian prestasi, penciptaan rekor, atau perolehan gelar juara, maka tujuan utama perlombaan atau pertandingan ialah menentukan siapa terunggul atau terbaik. Bersamaan dengan hal itu ada tujuan pelengkap lainnya, seperti pemanduan bakat, pengukuran hasil latihan atau sebagai kesempatan untuk menilai kemajuan aspek yang lebih khas, umpamanya yang berkenaan dengan keterampilan, kemampuan fisik, atau aspek mental.

Penyelenggaraan pertandingan melibatkan sejumlah faktor yang cukup rumit. Oleh karena itu dibutuhkan pengorganisasian kegiatan yang didukung oleh tenaga pelaksana yang terampil. Sebagai contoh, pesta olahraga atau kejuaraan yang berskala nasional melibatkan sejumlah orang yang bertanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya masing-masing, misalnya: dalam bidang keamanan, acara pembukaan atau penutupan, fasilitas olahraga, penginapan, angkutan, periklanan, publikasi, kesekretariatan, keuangan, clan pertandingan.



2.    Perumusan Masalah


Berdasarkan latar belakang di atas tersebut perlu kiranya kami dapat membuat perumusan masalah sebagai pendukung dan panduan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut:
1. Apakah yang dimaksud dengan pertandingan ?
2.  Apakah yang dimaksud dengan organisasi pertandingan ?
3. Apa saja langkah pengorganisasian dalam pertandingan ?
4. Sebutkan macam-macam pertandingan !



3.    Tujuan Pembahasan


Berdasarkan perumusan masalah yang akan di tanyakan sebagai panduan dalam pembuatan makalah ini, Perlu kiranya memerlukan tujuan pembahasan sebagai jawaban atas perumusan masalah. Adapun tujuan pembahasan sebagai berikut :
1. Menjelaskan tentang definisi dari pertandingan
2. Menjelaskan tentang definisi dari organisasi pertandingan
3. Menjelaskan tentang langkah pengorganisasian dalam pertandingan
4. Menyebutkan macam-macam pertandingan



 


BAB II

PEMBAHASAN




 


1.      KONSEP DASAR PERTANDINGAN


Pertandingan adalah kegiatan cabang olahraga untuk meningkatkan kemampuan prestasinya dalam bentuk kegiatan fisik dan saling berhadap-hadapan. Diantaranya karena aksi kontak fisik secara langsung saling menjatuhkan, menyerang, atau memperdaya Iawannya sesuai dengan peraturan yang berlaku, jenis lainnya adalah permainan dengan batas permainan antara dua lawan (pembatasan) seperti voli, bulu tangkis atau tanpa batas seperti sepak – bola, bola keranjang dan hand ball (bola tangan).
Contohnya : Semua jenis beladiri, bola voli, bola basket, sepak bola, tenis, tenis meja.

Suatu pertandingan akan berjalan dengan baik bila memiliki perencanaan yang baik. Perencanaan ini dibicarakan terlebih dahulu dengan seluruh petugas yang akan bekerja sama menengani suatu pertandingan. Setiap pertandingan atau perlombaan, baik yang berskala besar maupun kecil memerlukan pengelolaan yang sebaik-baiknya. Kegiatan penyelenggaraan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, serta pelaporan.

Penyelenggaraan pertandingan melibatkan sejumlah faktor yang cukup rumit. Oleh karena itu dibutuhkan pengorganisasian kegiatan yang didukung oleh tenaga pelaksana yang terampil. Suatu pertandingan akan berjalan dengan baik bila memiliki perencanaan yang baik. Perencanaan ini dibicarakan terlebih dahulu dengan seluruh petugas yang akan bekerja sama menengani suatu pertandingan. Perencanaan itu diawali dengan susunan panitia sesuai dengan acara penyelenggaraan. Contoh bentuk susunan kepanitiaan suatu pertandingan atau event olahraga adalah sebagai berikut:



Panitia Pertandingan
                                    Tugas Panitia
Ketua Pertandingan
Bertanggungjawab atas seluruh pelaksanaan pertandingan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pembubaran.
Wakil Ketua
Bertugas membantu semua tugas ketua dan mewakili segala pekerjaan ketua bila ketua berhalangan hadir.
Sekretaris
Bertanggung jawab dan berkuasa atas segala pekerjaan   administratif serta mengelola kegiatan surat-menyurat
Bendahara
Bertanggungjawab atas keluar masuknya uang dan harus cakap dalam mengatasi segala kepentingan yang terkait dengan dana demi lancarnya penyelenggaraan pertandingan.
Panitia Hakim
Wajib memutuskan segala perselisihan atau pengaduan yang terjadi serta wajib mengawasi kepatuhan peserta pertandingan terhadap peraturan-peraturan pertandingan.
Seksi-seksi
Disesuaikan dengan kebutuhan dan tugas masing-masing

 


2.      PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN


Penyelenggaraan pertandingan adalah kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pertandingan atau perlombaan cabang-cabang olahraga. Pemberian pengetahuan penyelenggaraan pertandingan ini bertujuan agar para pengurus perkumpulan olahraga mampu merencanakan, mengatur cara-cara pertandingan, mengadakan pencatatan-pencatatan hingga penyelenggaraan itu berjalan lancar dan tertib.

Penyelenggaraan pertandingan umumnya dipimpin oleh pemimpin pertandingan atau lazim juga disebut ketua teknik pertandingan. Setelah tujuan penyelenggaraan pertandingan ditentukan, maka langkah-langkah pelaksanaan penyelenggaraan pertandingan harus melalui empat tahap, yaitu :

1. Langkah Persiapan

A. Menentukan Bidang Tugas dan Struktur Organisasi

Luasnya tugas pemimpin pertandingan sangat ditentukan oleh tujuan dan sifat usaha kerja sama. Makin besar sifat penyelenggaraan pertandingan, makin besar pula bagian-bagian yang diurusi dalam satuan organisasi yang dipimpinnya.

B. Penentuan Tenaga Kerja (Staffing)

Penentuan tenaga kerja adalah suatu aktivitas untuk memperoleh tenaga. kerja yang cakap dan dalam jumlah Yang sesuai dengan pembidangan yang telah ditentukan.

C. Penentuan Anggaran

Dalam penentuan anggaran perlu diketahui dari mana sumber keuangan untuk kebutuhan penyelenggaraan pertandingan juga dipikirkan berapa besar kebutuhan untuk penyelenggaraan pertandingan tersebut.

D. Penentuan Peserta

Siapakah yang diperbolehkan atau dapat mengikuti pertandingan, dapat dibagi dalam dua jenis kelompok, yaitu:

1) Menurut sifat pertandingan dibedakan:

1.1) Pertandingan seleksi (pertandingan penyisihan)

1.2)  Pertandingan invitasi (pertandingan terbatas berdasarkan undangan yang telah ditentukan)

1.3) Pertandingan kompetisi (pertandingan yang digunakan dalam turnamen)

Besar kecilnya suatu pertandingan ditentukan oleh skala pertandingan itu sendiri, misalnya pertandingan tingkat daerah, nasional, atau internasional.

2) Pembatasan peserta

2.1) Terbatas berdasar undangan yang telah ditentukan (invitasi)

2.2)  Terbatas sesuai dengan peraturan dan lingkungan daerah tertentu seperti antar perkumpulan, Pengda (Pengurus Daerah), POM, Asian Games, Olimpiade, dan sebagainya.

2.3) Pertandingan terbuka, Sebuah pertandingan yang dapat diikuti oleh umum

E. Undangan untuk Peserta

Setelah ditentukan pesertanya, segera memberikan undangan dengan atau pemberitahuan disertai syarat-syarat yang harus dipenuhi, serta pengumuman yang diperlukan.

Pengumuman adanya pertandingan terdiri dari :

a. Tempat pertandingan

b. Waktu atau Pelaksanaan pertandingan

c. Sifat pertandingan ( mengapa diadakan )

d. Pendaftaran

o  Kapan batas waktu pendaftaran

o  Syarat-syarat pendaftaran ( biaya pendaftaran, batas usia, jenis kelamin)



F. Menyiapkan Alat dan Tempat Pertandingan

Alat-alat dan tempat pertandingan harus sesuai dengan kebutuhan, baik mengenai jumlah maupun syarat­-syaratnya sesuai dengan peraturan permainan.

Penentuan tempat pertandingan perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

ü  WC untuk para pengunjung harus cukup airnya dan bersih.

ü  Meja, beberapa meja yang dapat dipasang dalam gedung tersebut.

ü  Tempat parkir.

ü  Tempat pemain harus dipisahkan dari tempat penonton.

ü  Kursi untuk para wasit, meja panitia, kursi panitia dan lain sebagainya.

ü  Pengeras suara.

ü  Listrik apakah cukup terang atau perlu penambahan.

ü  Kamar ganti pakaian.


G. Acara Pertandingan

Acara pertandingan dapat ditentukan dengan mengingat faktor-faktor, jumlah peserta, jumlah hari yang tersedia, lapangan, alas, petugas yang tersedia, cara pertandingan yang dipakai dan tersedianya biaya.


H. Menyusun Peraturan Pertandingan

Peraturan pertandingan adalah peraturan-peraturan yang dibuat dengan tujuan untuk menjaga kelancaran dan ketertiban selama pertandingan berlangsung, antara lain berisi :

1) Penentuan peserta (bermain sportif)

2) Peraturan permainan yang dipakai

3) Penyimpangan-penyimpangan peraturan permainan (permainan tidak sportif atau sengaja untuk menciderai lawan, menyabotase hasil pertandingan akan di diskualifikasi)

4) Sistem pertandingan yang digunakan

  Sistem pertandingan adalah sistem yang dipakai dalam suatu turnamen, biasanya olahraga, yang mempertemukan setiap peserta dengan peserta lainnya secara lengkap. Sebagai contoh dalam suatu turnamen dengan delapan peserta, setiap peserta akan bertemu atau bertanding dengan tujuh peserta lainnya. Sistem pertandingan dibentuk untuk mendapatkan pemenang dalam suatu kompetisi.



Sistem Pertandingannya

ü Sistem satu lawan satu (dual meet)

ü Sistem segitiga tournoi, yaitu pertandingan yang diikuti oleh tiga peserta perorangan/beregu/kesebelasan/rombongan.Setiap peserta harus bermain atau berhadapan dua kali.

ü Sistem gugur,  Sistem gugur ialah tatacara pelaksanaan pertandingan yang menetapkan bahwa peserta yang telah kalah pada babak pendahuluan atau babak sebelumnya tidak berhak mengikuti pertandingan mengikuti pertandingan tahap selanjutnya. Sistem gugur terbagi menjadi dua yaitu :

-          Sistem gugur tunggal : peserta yang telah kalah satu kali tidak punya kesempatan untuk melakukan pertandingan kembali

-          Sistem gugur ganda : peserta yang telah kalah satu kali masih memiliki kesempatan bertanding kembali sampai dengan gugur dua kali





 Beberapa ciri sistem gugur ialah sebagai berikut :

o    Yang kalah tidak berhak mengikuti pertandingan babak berikutnya.

o    Pemenang lawan pemenang

o    Peserta yang tak terkalahkan sebagai juara pertama.

ü Sistem Kompetisi, sistem pertandingan ini mengharuskan semua peserta bertemu satu kali dalam pertandingan/saling bertemu

Beberapa ciri sistem kompetisi :

o    Peserta relatif sedikit

o    Kualitas peserta relatif seimbang

o    Biaya, peralatan, petugas relatif mencukupi

o    Pemenang atau juara yang muncul diharapkan dapat menggambarkan prestasi yang sebenarnya.

ü Sistem Pool (Grup), yaitu sistem pertandingan dengan mengurangi jumlah pertandingan tanpa merugikan hak-hak peserta dan tetap menjalankan faktor-faktor keadilan. Di dalam tiap pool dapat menggunakan sistem gugur atau sistem kompetisi tergantung pada waktu dan jumlah pesertanya.


2. Menjelang Pertandingan

Kegiatan yang harus dilakukan saat menjelang mendekati pertandingan antara lain:

o  Memeriksa kesempurnaan dan kelengkapan alat-alat serta lapangan pertandingan.

o  Memeriksa kemampuan dan keterampilan para petugas.

Mengadakan technical meeting, untuk mengesahkan peraturan pertandingan.

o  Mengadakan undian, bila cara pertandingan itu diadakan dengan sistem gugur atau sistem pool.

o  Menyusun wasit

Penyusunan wasit harus berdasarkan kemampuan wasit dan berat ringannya peserta yang akan bertanding.

o  Membuat pets yang diperlukan, agar para peserta mengetahui tempat-tempat yang akan mereka butuhkan, misalnya: tempat bertanding, ruang ganti pakaian, tempat P3K, WC, tempat penonton, sekretariat pertandingan dan lain sebagainya.



3. Saat Pertandingan Berlangsung

Kelancaran pertandingan harus terpelihara dengan baik. Ketertiban penonton juga harus diperhatikan. Untuk menjaga ketertiban penonton tersebut, pengaturan tempat duduk hendaknya serapih mungkin, mintalah bantuan tenaga keamanan dari kepolisian.

Hasil pertandingan harus segera diumumkan, agar penonton mengetahui keadaan sebelumnya atau kemungkinan-kemungkinan pertandingan yang akan datang. Amankan semua peralatan pertandingan, keluar dan masuknya peralatan harus tercatat. Simpanlah kembali peralatan itu segera setelah selesai pertandingan.



4. Sesudah Pertandingan

A. Sesudah pertandingan berlangsung, secepatnya pemimpin pertandingan memberikan laporan tentang:

1)  Hasil-hasil pertandingan

2) Urutan juara

3) Keuangan

4) Penilaian petugas

5) Laporan tentang situasi keseluruhan pertandingan

B. Setelah pertandingan selesai, langkah selanjutnya yaitu melakukan pemeriksaan terhadap semua kelengkapan peralatan dengan teliti

C. Ucapan terima kasih

Semua orang yang telah membantu terlaksananya pertandingan segera diberi ucapan terima kasih agar mereka selalu bersedia kembali bila diminta bantuan.



3.    MACAM-MACAM PERTANDINGAN


1. Open Turnamen

Pertandingan yang dapat diikuti oleh siapa saja, baik anggota maupun bukan anggota, siapapun dapat ikut serta dalam pertandingan dengan syarat membayar biaya pendaftaran yang telah ditentukan atau disepakati sebelumnya.

2.  Invitation                                             

Pertandingan yang pesertannya terbatas, hanya orang-orang tertentu yang telah di invite (diundang) sebelumnya.

3.  Eksibisi

Berupa pertunjukan atau peragaan yang bertujuan untuk menunjukan teknik-teknik permainan yang bagus. Biasanya pertandingan ini diikuti oleh para pemain yang sudah terkenal.

4. Competition

Pertandingan yang hanya boleh diikuti oleh anggota dari suatu organisasi atau perserikatan, pertandingan ini dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu dan dilaksanakan terus menerus.

5.  Campionship

Pertandingan yang diikuti oleh seluruh anggota dari perserikatan atau perkumpulan dan persatuan cabang olah raga tertentu.

6.  Games

Serangkaian pertandingan yang diadakan dan meliputi beberapa cabang olahraga, masing-masing cabang olahraga menghasilkan juara-juaranya, biasanya pada pekan olahraga ini disebut “Games” atau “Pesta Olahraga”

7.  Try Out

Pertandingan yang digunakan untuk menilai atau menguji suatu latihan atau pemusatan latihan. 

 


BAB III


KESIMPULAN


 


Suatu pertandingan akan berjalan dengan baik bila memiliki perencanaan yang baik. Perencanaan ini dibicarakan terlebih dahulu dengan seluruh petugas yang akan bekerja sama menengani suatu pertandingan. Perencanaan itu diawali dengan susunan panitia sesuai dengan acara penyelenggaraan.

Penyelenggaraan pertandingan melibatkan sejumlah faktor yang cukup rumit. Oleh karena itu dibutuhkan pengorganisasian kegiatan yang didukung oleh tenaga pelaksana yang terampil. Suatu pertandingan akan berjalan dengan baik bila memiliki perencanaan yang baik. Perencanaan ini dibicarakan terlebih dahulu dengan seluruh petugas yang akan bekerja sama menengani suatu pertandingan. Perencanaan itu diawali dengan susunan panitia sesuai dengan acara penyelenggaraan.




DAFTAR PUSTAKA



http://pengertian-kata.blogspot.com/2011/11/pertandingan.html

http://pujienc.blogspot.com/2013/11/organisasi-penyelenggara-macam-dan.html







http://salimzulhijjahanakonawe.blogspot.com/2012/06/organisasi-pertandingan.html


5 comments:

Unknown said...

makasiiiiiiiiihh makalahnya bermanfaat..... :-)

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

buat mbak tak saranin terlalu sama warna tulisan ama backround. 95% gak bisa dibaca

Unknown said...

oke sudah saya perbaiki, thanks

MA. MIFTAHUL ULUM AN-NUR said...

gak bisa di copy
gmn crax mbag

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace