SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday 10 July 2014

Apresiasi Seni



A. DEFINISI APRESIASI


APRESIASI UNTUK MENILAI HASIL KARYA SENI

Apresiasi yang dimaksud adalah apresiasi yang diberikan kepada apresiator untuk menilai baik dan kurang baik hanya berdasarkan pengamatan belaka. Apresiasi atau penilaian ini bias any dilakukan oleh orang awam yang tidak punya pengetahuan dan pengalaman dalam bidang seni. Penilaian juga berkaitan dengan keindahan setelah mengamatinya.



APRESIASI UNTUK MEMBANDINGKAN HASIL KARYA SENI

Penilaian dengan ukuran objektif artinya, menilai bagus tidaknya karya seni atas dasar ukuran kenyataan dan objek (karya seni rupa) itu sendiri. Bila karyanya memiliki ukuran secara objektif bagus, maka kita katakan bagus. Demikian juga sebaliknya.



APRESIASI SEBAGAI KRITIK SENI

 Apresiasi kritik seni adalah apresiasi yang dilakukan secara ilmiah dan sepenuhnya bersifat keilmuan dengan menampilkan data secara tepat, dengan analisis, interpretasi, dan peneilaian yang bertanggung jawab. Apresiasi ini biasanya dilakukan oleh para kritikus yang memang secara khusus mendalami bidang tersebut. Dengan adanya kritik seni, seniman diharap mampu mengembangkan kemampuannya untuk dapat membuat karya seni yang lebih bermutu.


B. UNSUR APRESIASI


Untuk mengapresiasi suatu karya seni rupa, berikut adalah unsur-unsur yang perlu diperhatikan:

·         Gaya

·         Teknik

·         Tema

·         Komposisi


C. JENIS APRESIASI


Jenis-jenis apresiasi yaitu:
1. Apresiasi kinetik: memberikan minat pada sebuah karya sastra lalu berlanjut pada keseriusan untuk melakukan langkah-langkah apresiatif secara aktif.
2. Apresiasi verbal: pemberian penafsiran, penilaian, tanggapan, komentar, kritik dan saran serta pujian.



D. PENERAPAN APRESIASI DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


Apresiasi sering kita dengar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam membicarakan seni. Dalam penerapan apresiasi di KBM misal saya mengambil contoh apresiasi seni tari di kalangan sekolah dasar.

Dalam seni tari, apresiasi yang diberikan adalah dengan Memberikan kebebasan kepada siswa agar mampu dan berani mencurahkan mengungkapkan pendapat, menganalisis dan membandingkan karya seni tari. Kegiatan ini siswa perlu diberi pengalaman dalam mengamati, menghayati, menganalisis, membandingkan suatu bentuk karya seni tari.



[*]Menganalisis: siswa dapat menganalisis berdasarkan karya tari yang diamatinya [*]Mengidentifikasi: Siswa dapat mengidentifikasikan dari karya tari yang diamatinya.

[*]Mengintrepretasikan: Siswa dapat mengintrepretasikan dari hasil pengamatan karya tari yang diamatinya.

[*]Mengkritis: siswa dapat menyampaikan kritik terhadap karaya tari yang diamatinya.

[*]Menilai: siswa dapat menilai terhadap hasil pengamatan terehadap karya tari.



0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace