RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD .....
Mata
Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 1 x 25 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Mengekspresikan
diri melalui karya seni musik.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengekspresikan diri melalui sumber bunyi (irama
musik) yang dihasilkan oleh
tubuh manusia.
1.2 Mengekspresikan diri melalui vokal.
1.3 Menyanyikan lagu anak-anak.
C.
INDIKATOR
1. Melakukan kegiatan vokal dengan
menggunakan ekspresi wajah.
2. Mengidentifikasi sumber bunyi
yang dihasilkan oleh tubuh manusia.
3. Memperagakan sumber bunyi yang
dihasilkan oleh tubuh manusia sehingga
menghasilkan irama musik.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran,
diharapkan :
1. Peserta didik dapat melakukan
kegiatan vokal dengan menggunakan ekspresi wajah.
2. Peserta didik
dapat mengidentifikasi sumber bunyi yang dihasilkan oleh tubuh
manusia.
3. Peserta didik dapat memperagakan
sumber bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia
sehingga menghasilkan irama musik.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Bunyi Dari Tubuh Manusia &
Bernyanyi (Terlampir)
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Pembelajaran Paikem
Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Praktek
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal (5 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa sebelum memulai pembelajaran
·
Selamat pagi anak - anak
·
Bagaimana kabarnya hari ini ?
·
Sebelum kita memulai pelajaran, yuk kita bersama sama membaca do’a
dengan lafadz basmallah
|
1 menit
|
|
Guru memeriksa kehadiran
siswa
·
Siapa yang hari ini tidak masuk ?
·
Mengapa ?
|
1
menit
|
2.
|
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Hari ini kita akan belajar bermain irama lagu dan
bernyanyi.
|
1 menit
|
3.
|
Orientasi (Pendahuluan)
·
Siapa yang suka bernyanyi ?
·
Lagu apa yang kamu sukai ?
|
2 menit
|
Kegiatan
Inti (15 menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Eksplorasi
Guru memberikan penjelasan materi pembelajaran mengenai
suara yang dihasilkan melalui tubuh manusia (tepuk tangan, petik jari, tepuk
lutut, hentak kaki).
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya.
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
|
4 menit
|
4
5.
|
Elaborasi
Guru
mempraktekkan cara menghasilkan irama melalui tepuk tangan, petik jari, tepuk
lutut, dan hentak kaki.
Siswa
mengikuti instruksi yang guru perintahkan.
Guru
dan siswa menyanyikan lagu anak – anak berjudul “Kalau Kau Suka Hati”.
|
12
Menit
|
6.
|
Konfirmasi
Guru
menanyakan perasaan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran.
|
1 Menit
|
Kegiatan
Akhir (5 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3
|
Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
·
Kita simpulkan pembelajaran kita hari ini
·
Hari ini kita sudah belajar tentang apa ?
Guru melakukan
kegiatan refleksi
bersama peserta didik
Guru menutup kegiatan
pembelajaran.
|
5 Menit
|
H.
SUMBER
ATAU ALAT PEMBELAJARAN
a. Buku
Seni Budaya & Keterampilan 1, Ari Subekti dkk, Pusat Perbukuan Kementrian
Pendidikan Nasional, 2010.
b. Kurikulum
KTSP
c. Model
Silabus kelas 1 SD
d. Laptop
I.
PENILAIAN
1. Penilaian Kognitif
a.
Teknik Penilaian : -
b.
Rubrik Penilaian : -
2. Penilaian Afektif
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Sikap
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
3.
Penilaian
Psikomotor
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Individu
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
LAMPIRAN
A. MATERI PELAJARAN
A. MENGENAL BUNYI DARI TUBUH MANUSIA
Bunyi mempunyai sumber.
Salah satu sumbernya adalah dari tubuh
bunyi dari tubuh banyak macamnya
perhatikan
gambar berikut :
Anak
bertepuk tangan
Berbunyi Prok... Prok... Prok...
Anak
bertepuk paha
Berbunyi
Brok... Brok... Brok...
Anak memetik jari
Berbunyi Tik... Tik... Tik...
Kegiatan
Kenalilah
bunyi dari tubuhmu, lakukanlah kegiatan berikut :
1. Lakukan tepuk tangan
2. Lakukan tepuk paha
3. Lakukan petik jari
B. MENYANYIKAN LAGU ANAK - ANAK
KALAU
KAU SUKA HATI
Kalau kau suka hati tepuk tangan
Prok.. Prok..
Kalau kau suka hati tepuk tangan
Prok.. Prok..
Kalau kau suka hati
Mari kita lakukan
Kalau
kau suka hati tepuk tangan Prok.. Prok..
Kalau kau suka hati petik jari
Tik.. Tik..
Kalau kau suka hati petik jari
Tik.. Tik..
Kalau kau suka hati
Mari kita lakukan
Kalau
kau suka hati petik jari Tik.. Tik..
Kalau kau suka hati injak bumi
Prok.. Prok..
Kalau kau suka hati injak bumi
Prok.. Prok..
Kalau kau suka hati
Mari kita lakukan
Kalau
kau suka hati injak bumi Prok.. Prok..
Kalau kau suka hati tepuk paha
Brok.. Brok..
Kalau kau suka hati tepuk paha
Brok.. Brok..
Kalau kau suka hati
Mari kita lakukan
Kalau
kau suka hati tepuk paha Brok.. Brok..
B. PENILAIAN
1.1
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
Keantusiasan
|
Ekspresi
Wajah
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
1.2
Rubrik Penilaian Afektif
No
|
Aspek Penilaian Sikap
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
3. Aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran.
2. Cukup aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
1. Kurang aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
2
|
Antusias dalam
merespon pelajaran
|
3. Bersemangat dalam
merespon pelajaran.
2. Cukup bersemangat
dalam merespon pelajaran.
1. Kurang bersemangat
dalam merespon pelajaran.
|
3
|
Menunjukkan ekspresi saat
kegiatan vokal berlangsung
|
3. Menunjukkan
ekspresi wajah ceria saat kegiatan
vokal berlangsung.
2. Menunjukkan
ekspresi wajah cukup ceria saat
kegiatan vokal berlangsung.
1. Menunjukkan
ekspresi wajah datar saat kegiatan
vokal berlangsung
|
2.1
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Bergerak
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
Keterangan
:
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
2.2
Rubrik Penilaian Psikomotor
No
|
Aspek Penilaian Psikomotor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Bergerak berirama
|
3. Bergerak berirama
sesuai dengan instruksi guru
2. Bergerak cukup berirama
sesuai dengan instruksi
guru
1. Bergerak tidak
berirama sesuai dengan instruksi
guru
|
2 comments:
Mantaapp..Bu
Mantaapp..Bu
Post a Comment