RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD Bani Saleh 2 Bekasi
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai bentuk energi dan
cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
KOMPETENSI
DASAR
Membuat
suatu karya / model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh
udara. Misalnya : roket dari kertas / baling baling / kincir angin / parasut /
pesawat kertas.
C.
INDIKATOR
1. Merancang karya atau model yang
akan dibuat
2. Merancang bahan yang akan
digunakan
3. Membuat karya atau model sesuai
rancangan
4. Mendemonstrasikan karya/model
yang dibuat dan menyempurnakannya
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta
didik diharapkan dapat :
1. Memahami materi perubahan energi
gerak akibat pengaruh udara.
2. Membuat suatu
karya atau model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat
pengaruh udara. Misal : roket dari kertas /
baling baling / kincir angin / parasut /
pesawat kertas.
3. Mendemonstrasikan hasil karya
nya tersebut.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Penerapan konsep / materi perubahan
gerak akibat pengaruh udara
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Pembelajaran Saintifik
Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Percobaan Eksperimen
4. Penugasan
5. Diskusi Kelompok
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal (5 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa sebelum memulai pembelajaran
·
Selamat pagi anak - anak
·
Bagaimana kabarnya hari ini ?
·
Sebelum kita memulai pelajaran, yuk kita bersama sama membaca do’a
dengan lafadz basmallah
|
1 menit
|
|
Guru memeriksa kehadiran
siswa
·
Siapa yang hari ini tidak masuk ?
·
Mengapa ?
|
1
menit
|
2.
|
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Hari ini kita akan belajar tentang perubahan energi gerak akibat
pengaruh udara
|
1 menit
|
3.
|
Orientasi (Pendahuluan)
·
Siapa yang suka bermain layang – layang ? Atau siapa yang pernah
melihat
Seseorang bermain layang -
layang ?
Mengapa
layang – layang dapat terbang ?
|
2 menit
|
Kegiatan
Inti (26 menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
4.
|
Eksplorasi
Guru membagi kelompok secara heterogen
· Kita akan membuat 4 kelompok, dalam setiap kelompok terdapat
5 sampai 6 anggota
Guru membagikan alat dan bahan praktikum pada setiap
kelompok
Siswa melakukan percobaan tentang perubahan energi
gerak akibat pengaruh udara di dalam kelompoknya masing-masing dengan alat dan bahan yang telah
disediakan sesuai dengan instruksi yang disampaikan.
Siswa secara berkelompok mendiskusikan hasil percobaan yang telah dilakukan di dalam
kelompok
|
19 menit
|
5.
|
Elaborasi
Salah satu kelompok yang terpilih, maju dan
mempresentasikan hasil percobaan dengan pengamatan kelompoknya di depan
kelas, dan kelompok lainnya dipersilahkan untuk menyampaikan pendapatnya.
|
4 menit
|
6.
7.
|
Konfirmasi
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang kurang dipahami.
·
Siapa yang kurang paham? Boleh ditanyakan!
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
penekanan dan penguatan pada hal-hal yang belum dipahami.
|
3 menit
|
Kegiatan
Akhir (4 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
·
Kita simpulkan pembelajaran kita hari ini
·
Hari ini kita sudah belajar tentang apa ?
Guru memberikan penguatan
tentang pemanfaatan kincir angin
Guru menutup kegiatan
pembelajaran
|
1 menit
2 menit
1 menit
|
H.
SUMBER
DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Sumber
Pembelajaran
a. Buku
Sains 4, Sudibyo dkk, Sinergi Pustaka Indonesia, 2004.
b. Kurikulum
KTSP
c. Model
Silabus kelas 4 SD
2.
Alat
Pembelajaran
a.
Kertas Origami
b.
Gunting
c.
Sedotan
d.
Jarum Pentul
e.
Lem Kertas
f.
Plastisin
I.
PENILAIAN
LAMPIRAN
LEMBAR
KERJA SISWA
A. Tujuan
Membuat kincir angin untuk menunjukkan perubahan
bentuk energi akibat pengaruh udara
B. Alat
dan Bahan
1. Kertas Origami
2. Gunting
3. Sedotan
4. Jarum Pentul
5. Lem Kertas
6. Plastisin
2. Gunting
3. Sedotan
4. Jarum Pentul
5. Lem Kertas
6. Plastisin
C. Langkah
Kerja
1.
Siapkan alat dan bahan yang akan di
lakukan pada kegiatan percobaan
2.
Ambil sebuah kertas origami, kemudian
buatlah lipatan diagonal
3.
Potonglah keempat garis lipatan tersebut
dengan menggunakan gunting, guntinglah setengah dari diagonal, jangan
menggunting hingga mengenai poros tengah diagonal
4.
Kemudian berilah lem secara melingkar
pada poros tengah diagonal
5.
Tekuklah masing - masing setengah bagian
yang telah di potong menuju poros tengah diagonal yang telah di beri lem
6.
Bagian yang ditekuk membentuk lengkungan
secara selang seling
7.
Lalu buatlah gambar pola lingkaran kecil
dengan origami yang lainnya
8.
Berilah lem pada pola lingkaran kecil
tersebut dan lekatkan pada poros tengah diagonal agar tekukan baling - baling
menjadi kuat
9.
Setelah itu, tusukkan jarum pentul pada
poros tengah dan tusukkan pula sedotan pada bagian belakang baling – baling
10. Berilah
plastisin pada ujung jarum agar tidak tertusuk tangan
11. Tiuplah
kincir angin dan gerakkan kincir angin tersebut dengan berlari
D. Tabel
Pengamatan
Proses
|
Penggamatan, Apa yang terjadi ?
|
Kincir
angin yang ditiup
|
|
Kincir
angin yang dibawa berlari
|
E. Jawablah
Pertanyaan – Pertanyaan Berikut
1. Bagaimana
arah perputaran kincir angin ketika ditiupkan ?
Jawab : ........................................................................................................................
2. Bagaimana
arah perputaran kincir angin ketika dibawa berlari ?
Jawab :
........................................................................................................................
F. Kesimpulan
1. Mengapa
kincir angin yang kamu buat dapat berputar ?
Jawab
:
........................................................................................................................
2. Apa kesimpulan dari percobaan tersebut ?
Jawab
:
.......................................................................................................................
........................................................................................................................
0 comments:
Post a Comment