RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Bani Saleh 2 Bekasi
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 1 x 60 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1.
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam
konteks kelas
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Bercakap cakap untuk meminta
atau memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tutur kata
C.
INDIKATOR
1.
Kognitif
a. Bercakap
cakap untuk memberi informasi
b. Bercakap
cakap untuk meminta informasi
2.
Afektif
a. Aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
b. Memperhatikan
penjelasan guru.
3.
Psikomotor
Mengembangkan motorik halus dalam
kegiatan berbicara dan menulis.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan :
a. Peserta
didik mampu bercakap cakap untuk memberi informasi
b. Peserta
didik mampu bercakap cakap untuk meminta informasi
2.
Afektif
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan :
a. Peserta
didik dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b. Peserta
didik dapat memperhatikan penjelasan dari guru.
3.
Psikomotor
Setelah
mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan motorik
halusnya dalam kegiatan berbicara dan menulis
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
My Friends
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Pembelajaran Paikem
Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
4. Penugasan
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal (3 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
a. Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa sebelum
memulai pembelajaran
b. Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Siapa yang hari ini tidak masuk ?
· Mengapa ?
|
1
menit
|
2.
|
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Hari ini kita akan belajar mengenai my friends
|
1 menit
|
3.
|
d.
Guru mengajak siswa untuk tepuk
semangat
|
1 menit
|
Kegiatan
Inti (54 menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Eksplorasi
a. Guru mengajak siswa untuk
menuliskan siapa nama teman yang berada di sekeliling tempat duduknya (kanan,
kiri, depan, dan belakang)
b. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar
lainnya.
c. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
|
10 menit
|
2.
|
Elaborasi
a. Guru
menunjukkan media alat peraga dan mendemonstrasikannya kepada siswa
b. Guru
menjelaskan hal yang berkaitan dengan pronouns
c. Beberapa
siswa maju ke depan kelas untuk memberikan informasi mengenai kalimat
pronouns berdasarkan nama nama teman yang sudah dituliskannya
d. Guru
memberikan uji kemampuan kepada siswa melalui latihan dibuku paket
|
34
Menit
|
3.
|
Konfirmasi
a. Guru
mengadakan sesi tanya jawab mengenai hal – hal yang belum diketahui oleh
siswa
b. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa, membenarkan
atau meluruskan yang salah, menambah hal yang masih kurang serta
memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan
Akhir (4 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
·
Kita simpulkan pembelajaran kita hari ini
·
Hari ini kita sudah belajar tentang apa ?
Guru
merefleksi pelajaran yang sudah dipelajari
Guru menutup kegiatan
pembelajaran.
|
4 Menit
|
H.
SUMBER
ATAU ALAT PEMBELAJARAN
a. Buku
Bahasa Inggris kelas 2 SD (Eko Marsudiono,dkk. Yudistira : 2009)
b. Kurikulum
KTSP
c. Model
Silabus kelas 2 SD
d. Media
Pembelajaran
e. Internet
I.
PENILAIAN
1. Penilaian Kognitif
a.
Teknik Penilaian : -
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
2. Penilaian Afektif
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Sikap
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
3.
Penilaian
Psikomotor
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Individu
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
A. PENILAIAN
1.1
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
Keantusiasan
|
Ekspresi
Wajah
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1 = Kurang Baik
1.2
Rubrik Penilaian Afektif
No
|
Aspek Penilaian Sikap
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
3. Aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran.
2. Cukup aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
1. Kurang aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
2
|
Antusias dalam
merespon pelajaran
|
3. Bersemangat dalam
merespon pelajaran.
2. Cukup bersemangat
dalam merespon pelajaran.
1. Kurang bersemangat
dalam merespon pelajaran.
|
3
|
Menunjukkan ekspresi saat
kegiatan pelajaran sedang berlangsung
|
3. Menunjukkan
ekspresi wajah ceria saat mengikuti
pelajaran.
2. Menunjukkan
ekspresi wajah cukup ceria saat
mengikuti pelajaran.
1. Menunjukkan
ekspresi wajah datar saat mengikuti
pelajaran
|
2.1
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Bergerak
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
Keterangan
:
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
2.2
Rubrik Penilaian Psikomotor
No
|
Aspek Penilaian Psikomotor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Menulis
|
3. Menulis sesuai
dengan instruksi guru
2. Menulis dengan
terpaksa sesuai dengan instruksi
guru
1. Tidak menulis
|
0 comments:
Post a Comment