RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Bani Saleh 2 Bekasi
Mata
Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 1 x 60 menit
Pokok
Bahasan : Peristiwa Menyenangkan dan Tidak Menyenangkan
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.3 Menceritakan peristiwa penting
dalam keluarga secara kronologis
C.
INDIKATOR
1.
Kognitif
a. Menyebutkan
peristiwa penting yang pernah dialami
b. Membedakan
peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
c. Menceritakan
peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
2.
Afektif
a. Aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
b. Memperhatikan
penjelasan guru.
3.
Psikomotor
Mengembangkan motorik halus dalam kegiatan
menulis.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan :
a. Peserta
didik mampu menyebutkan peristiwa penting yang pernah dialami.
b. Peserta
didik mampu membedakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan.
c. Peserta
didik mampu menceritakan peristiwa penting yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan.
2.
Afektif
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan :
a. Peserta
didik dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b. Peserta
didik dapat memperhatikan penjelasan dari guru.
3.
Psikomotor
Setelah
mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan motorik
halusnya dalam kegiatan menulis
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Peristiwa Menyenangkan dan Tidak
Menyenangkan
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Pembelajaran Artikulasi
Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Demonstrasi
3. Penugasan
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal (5 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
a. Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa sebelum
memulai pembelajaran
b. Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Siapa yang hari ini tidak masuk ?
· Mengapa ?
|
1
menit
|
2.
|
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Hari ini kita akan belajar mengenai peristiwa
penting
|
1 menit
|
3.
|
d.
Guru mengajak siswa menyanyikan
lagu “naik delman”
|
3 menit
|
Kegiatan
Inti (50 menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Eksplorasi
a. Guru mengadakan kegiatan
tanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi
b. Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar
lainnya.
c. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
|
10 menit
|
2.
|
Elaborasi
a. Guru
mendemonstrasikan sebuah cerita mengenai topik peristiwa yang menyenangkan
dan tidak menyenangkan
b. Guru
mengadakan permainan menjodohkan untuk membedakan peristiwa menyenangkan atau
peristiwa tidak menyenangkan
c. Siswa
berlatih menuliskan serangkaian peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan
yang pernah dialaminya.
d. Beberapa
siswa yang dipanggil oleh gurunya, menceritakan peristiwa yang pernah
dialaminya.
|
30
Menit
|
3.
|
Konfirmasi
a. Guru
mengadakan sesi tanya jawab mengenai hal – hal yang belum diketahui oleh
siswa
b. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa, membenarkan
atau meluruskan yang salah, menambah hal yang masih kurang serta
memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari
|
10 Menit
|
Kegiatan
Akhir (5 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
3.
|
Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
·
Kita simpulkan pembelajaran kita hari ini
·
Hari ini kita sudah belajar tentang apa ?
Guru
merefleksi pelajaran yang sudah dipelajari
Guru menutup kegiatan
pembelajaran.
|
5 Menit
|
H.
SUMBER
ATAU ALAT PEMBELAJARAN
a. Buku
IPS kelas 2 SD (Tutut M. Lestari., Adenita Yusminovita. Yudistira : 2009)
b. Kurikulum
KTSP
c. Model
Silabus kelas 2 SD
d. Media
Pembelajaran
e. Kertas
Origami
I.
PENILAIAN
1. Penilaian Kognitif
a.
Teknik Penilaian : -
b.
Rubrik Penilaian : -
2. Penilaian Afektif
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Sikap
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
3.
Penilaian
Psikomotor
a.
Teknik Penilaian : Penilaian Individu
b.
Rubrik Penilaian : Terlampir
LAMPIRAN
A. PENILAIAN
1.1
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
Keantusiasan
|
Ekspresi
Wajah
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
1.2
Rubrik Penilaian Afektif
No
|
Aspek Penilaian Sikap
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
3. Aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran.
2. Cukup aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
1. Kurang aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
2
|
Antusias dalam
merespon pelajaran
|
3. Bersemangat dalam
merespon pelajaran.
2. Cukup bersemangat
dalam merespon pelajaran.
1. Kurang bersemangat
dalam merespon pelajaran.
|
3
|
Menunjukkan ekspresi saat
kegiatan pelajaran sedang berlangsung
|
3. Menunjukkan
ekspresi wajah ceria saat mengikuti
pelajaran.
2. Menunjukkan
ekspresi wajah cukup ceria saat
mengikuti pelajaran.
1. Menunjukkan
ekspresi wajah datar saat mengikuti
pelajaran
|
2.1
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Menulis
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
Keterangan
:
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
2.2
Rubrik Penilaian Psikomotor
No
|
Aspek Penilaian Psikomotor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Menulis
|
3. Menulis sesuai
dengan instruksi guru
2. Menulis dengan
terpaksa sesuai dengan instruksi
guru
1. Tidak menulis
|
Mengetahui, Bekasi,
29 September 2015
Guru
Pamong Mahasiswi PPLK
Siti Paryani, S.Pd Martha
Puspita Rima .P.
Mengetahui
Kepala Sekolah
Dra. Hj. Ida Arijani
0 comments:
Post a Comment