SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Friday 21 October 2016

Pendidikan di Sekolah Dasar





1. PENGERTIAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR



  Berdasarkan pada amanat Undang-Undang Dasar 1945, maka pengertian pendidikan di sekolah dasar merupakan upaya untuk mencerdaskan dan mencetak kehidupan bangsa yang bertaqwa, cinta dan bangga terhadap bangsa dan negara, terampil, kreatif, berbudi pekerti yang santun serta mampu menyelesaikan permasalahan dilingkungannya.
   Pendidikan di sekolah dasar merupakan pendidikan anak yang berusia antara 7 sampai dengan 13 tahun sebagai pendidikan di tingkat dasar yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah atau karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat bagi siswa. Disinilah siswa sekolah dasar ditempatkan diberbagai bidang studi yang kesemuanya harus mampu dikuasai oleh siswa. Tidaklah salah bila di sekolah dasar disebut sebagai pusat pendidikan, bukan hanya di kelas saja proses pembelajaran itu terjadi akan tetapi di luar kelaspun juga termasuk ke dalam kegiatan pembelajaran.
    Pengertian pendidikan di sekolah dasar mempunyai makna yang sama dengan definisi yang terurai diatas, namun saja letak audience atau siswanya saja yang membedakannya. Artinya, bahwa pendidikan di sekolah dasar titik tekannya terpusat pada siswa kelas dasar antara kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang ketentuan materi dan pokok bahasannya di atur tersendiri dalam GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran).
    Tujuan pendidikan di sekolah dasar sendiri dapat diuraikan meliputi beberapa hal yaitu (1) Beriman dan bertaqwa kepada TuhanNya, (2) Mengarahkan dan membimbing siswa ke arah situasi yang berpotensi positif, berjiwa besar, kritis, cerdas dan berakhlak mulia, (3) Memiliki rasa cinta tanah air, bangga dan mampu mengisi hal yang bertujuan membangun diri sendiri, bangsa dan negara, (4) Membawa siswa sekolah dasar mampu berprestasi ke jenjang selanjutnya.
    Inti pokok pendidikan sekolah dasar, berupaya menanamkan keimanan terhadap Tuhan sesuai dengan agama masing-masing yang dianutnya. Dengan harapan tentunya siswa dapat menanmkan sikap yang berakhlak, sopan dan santun antara sesama umat manusia tanpa membedakan ras, suku, dan agama. Sehingga pada akhirnya siswa dapat menjadi individu yang bertanggung jawab, cakap, berdedikasi tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Pengertian pendidikan di sekolah dasar benar-benar mendidik dan menumbuh kembangkan ilmu pengetahuan pada siswa di sekolah dasar untuk memiliki sikap kebersamaan dalam upaya mencetak generasi muda yang bertanggung jawab.  
  

2. KEBUTUHAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

     Langkah awal yang perlu diperhatikan adalah dengan mengetahui akan kebutuhan siswa di sekolah dasar. Apa saja kebutuhan siswa di sekolah dasar? Ada dua aspek kebutuhan, yakni kebutuhan eksternal dan kebutuhan internal.
   Kebutuhan eksternal lebih mengarah kepada kebutuhan peralatan alat-alat sekolah seperti seragam, buku, tas, sepatu, pensil, dan alat-alat sekolah lainnya. Sedangkan kebutuhan internal lebih mengarah kepada semangat yang timbul pada dalam diri siswa itu sendiri untuk menumbuhkan prestasi belajar, bakat dan minat yang terpendam pada diri masing-masing siswa untuk lebih terpacu dan termotivasi.    Hal ini berarti membutuhkan bantuan orang lain yang dalam hal ini tentunya adalah guru. Sekali lagi tugas para guru di sekolah dasar di kelas bukan hanya sebagai pemberi materi/narasumber atau pengajar saja, akan tetapi lebih dari itu seorang guru di kelas juga menjadi motivator dan pemberi bimbingan bagi semangat siswa-siswanya ke arah prestasi yang membanggakan. Oleh karenanya, bimbingan adalah layanan yang wajib diberikan guru kepada semua siswa di sekolah dasar dan seyogyanya guru harus mampu mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan siswanya dalam memberikan layanan bimbingan agar tahap perkembangan belajarnya terlampaui secara baik.

3. KARAKTERISTIK SISWA KELAS I SAMPAI VI SD

@ KARAKTERISTIK SISWA KELAS I & II

Karakteristi fisik :
1) Reaksi dan koordinasi dalam bergerak masih lambat
2) Aktif semangat terhadap bunyi-bunyian yang teratur
3) Tulang-tulangnya masih lemah
4) Jantung mudah terganggu
5) Masih belum dapat menggunakan kelompok otot-otot kecil
6) Mudah sakit dan daya tahan tubuh kurang
7) Mulai terjadi pergantian gigi susu 
8) Selalu bergerak, duduk, istirahat sebentar, lari lagi dan sebagainya 

Karakteristik kecerdasan :
1) Kemampuan pemusatan perhatian terbatas
2) Keinginan dan kesenangan menemukan masalah-masalah
3) Berkembangnya kemampuan organ-organ percakapan
4) Kegemaran mengulang bermacam-macam kegiatan
5) Kemampuan berpikir terbatas
6) Selalu tertarik hampir setiap hal
7) Hasrat berkreasi

Karakteristik sosial-emosional :
1) Senang terhadap hal-hal yang bersifat drama
2) Suka bertengkar
3) Adanya perasaan benar dari dirinya
4) Gemar akan alam dan cerita-cerita
5) Dalam bermain mereka ingin turut sebanyak mungkin
6) Tidak suka banyak dikritik
7) Tidak suka member maaf
8) Senang menjadi pusat perhatian
9) Individualistis
10) Teman akrab bersifat sebentar, dari saat ke saat

@ KARAKTERISTIK SISWA KELAS III & IV

Karakteristik fisik :
1) Perbaikan koordinasi tubuh meningkat
2) Ketahanan bertambah
3) Pertumbuhan terus naik
4) Koordinasi mata dan tangan meningkat
5) Bentuk tubuh yang tidak baik dapat terjadi
6) Perempuan satu tahun lebih maju dari pria
7) Gigi yang tetap mulai nampak
8) Perbedaan seksuil banyak pengaruhnya
9) Adanya perbedaan individu mulai nyata dan terang
10) Timbulnya kecelakaan banyak disebabkan mobilitas pada masa ini

Karakteristik sosial-emosional :
1) Mudah terpengaruh
2) Anak suka membual
3) Suka menggoda dan menyakiti anak lain
4) Suka memperlihatkan
5) Suka berteman dengan teman lain walau sudah punya teman akrab
6) Kemauan besar
7) Hasrat turut serta dalam kelompok
8) Seringkali terlihat kurang hati-hati
9) Ia selalu bermain-main
10) Menginginkan kebebasan tetapi masih dalam perlindungan orang dewasa
11) Lebih senang kegiatan beregu daripada individu
12) Suka berpikir apa yang ia senangi
13) Lebih senang ada teman yang mengalami kesakitan
14) Ada kecenderungan membandingkan dirinya dengan anak-anak lain
15) Mulai mengenal kebutuhan
16) Mampu menyelesaikan problem-problem social yang kecil
17) Sifat-sifat seksuil lebih terlihat

Karakteristik mental :
1) Ruang lingkup perhatian bertambah
2) Kemampuan berfikir bertambah
3) Anak menghayalkan grakan-gerakan berirama
4) Suka meniru sosok “idola”
5) Minat terhadap permainan yang terorganisasi bertambah
6) Sangat berhasrat ingin menjadi dewasa
7) Senang akan latihan-latihan aktifitas
8) Senang akan aktifitas yang berbentuk pertandingan


@ KARAKTERISTIK SISWA KELAS V & VI

Karakteristik fisik :
1) Otot kaki dan lengan lebih berkembang
2) Anank-anak menjadi sadar akan keadaan jasmaninya
3) Laki-laki suka pertandingan kasar dan keras
4) Pertumbuhan tinggi dan berat tidak cepat lagi
5) Kekuatan otot-otot tidak selalu sejalan dengan pertumbuhannya
6) Ada perbaikan kecepatan reaksi
7) Gemar akan olahraga pertandingan
8) Lebih terlihat akan perbedaan jenis kelamin
9) Koordinasi gerakan sudah baik
10) Keadaan jasmani terlihat kuat
11) Pertumbuhan kaki lebih cepat dibanding tubuh bagian atas
12) Perkembangan paru-paru hamper berakhir
13) Terlihat perbedaan nyata antara laki-laki dan perempuan

Karakteristik sosial-emosional
1) Tidak stabil
2) Mulai timbul rasa takjub
3) Perempuan menaruh minat pada laki-laki
4) Anak dewasa dapat mempengaruhi
5) Biasa berontak
6) Berapresiasi terhadap penghargaan
7) Bersifat kritis
8) Laki-laki tidak begitu memperhatikan anak perempuan
9) Perasaan bangga berkembang
10) Ingin penghargaan dari kelompoknya
11) Mudah memperoleh teman
12) Suka bergabung dalam jenis kelamin yang sejenis

Karakteristik mental :
1) Gemar bermain menggunakan bola
2) Lebih berminat pada olahraga beregu
3) Jiwa kepahlawanannya besar
4) Konsentrasi terus bertambah
5) Bangga akan prestasi yang diraih
6) Terpengaruh apabila ada kelompok yang menonjol
7) Mudah putus asa
8) Sangat percaya pada orang dewasa
9) Melakukan sesuatu selalu berusaha mendapat persetujuan guru
10) Mulai memperhatikan waktu dalam mengerjakan sesuatu
11) Mulai membaca hal-hal yang bersifat fakta


   
4. MATA PELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Agama
Kewarganegaraan
Jasmani dan Kesehatan
Teknologi Informatika dan Komunikasi
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Bahasa Daerah
Bahasa Asing
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Sejarah
Ilmu Pengetahuan Sosial
Seni Budaya dan Keterampilan

SUMBER :

https://disdik.bekasikab.go.id/berita-pengertian-dan-tujuan-pendidikan-di-sekolah-dasar.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_dasar
http://tamamijaya.blogspot.co.id/2011/10/karakteristik-anak-anak-sd-dari-kelas-1.html

1 comments:

Unknown said...

Terima kasih admin, yuk kunjungi www.intanonline.com bukunya komplit.

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace