SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday 13 October 2016

Aspek Aspek Membaca

ASPEK ASPEK MEMBACA

Menurut Broughton dalam Tarigan (2008:12) mengemukakan terdapat dua aspek penting dalam membaca, yaitu :
a)    Keterampilan yang bersifat mekanis (mechanical skills) yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih rendah (lower order).
Aspek ini mencakup :
1)   Pengenalan bentuk huruf;
2)   Pengenalan unsur-unsur linguistik (fonem/grafem, kata, frase, pola klausa, kalimat, dan lain-lain);
3)   Pengenalan hubungan ejaan dan bunyi (kemampuan menyuarakan bahan tertulis atau “to bark at print”);
4)   Kecepatan membaca ke taraf lambat.

b)   Keterampilan yang bersifat pemahaman (comprehension skills), yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih tinggi (higher order).
Aspek ini mencakup :
1)   Memahami pengertian yang sederhana (leksikal, gramatikan, dan retorikal);
2)   Memahami signifikasi atau makna (a.l maksud dan tujuan pengarang, relevansi atau keadaan kebudayaan, dan reaksi pembaca);
3)   Evaluasi atau penilaian (isi dan bentuk);
4)   Kecepatan membaca fleksibel, yang mudah disesuaikan dengan keadaan.

Menurut Broughton dalam Tarigan (2008:12), Untuk mencapai tujuan yang terkandung dalam keterampilan mekanis tersebut, aktivitas yang paling sesuai adalah membaca nyaring, membaca bersuara (atau reading aloud; oral reading). Untuk keterampilan pemahaman yang paling tepat (comprehension skills) adalah dengan membaca dalam hati (silent reading), yang dapat pula dibagi atas :
1)   Membaca ekstensif (extensive reading) yaitu membaca secara luas, dapat menyerap pengetahuan yang lebih luas dan umum;
2)   Membaca intensif (intensive reading), yaitu membaca untuk memperoleh pemahaman yang mendalam.

Selanjutnya, membaca ekstensif ini mencakup pula (Broughton, dalam Tarigan (2008:12)) :
1)   Membaca survey (survey reading), yaitu untuk mengetahui gambaran umum serta ruang lingkup dari bacaan yang hendak dibaca. Misal nama pengarang, judul, bab, dan sub babnya;
2)   Membaca sekilas (skimming), yaitu membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum suatu bacaan atau bagiannya;
3)   Membaca dangkal (superficial reading), yaitu membaca tidak terlalu mendalam, hanya untuk mengisi waktu luang.

Sedangkan, membaca intensif dapat pula dibagi atas (Broughton, dalam Tarigan (2008:12) :
1)   Membaca telaah isi (content study reading), yang mencakup pula :
a)    Membaca teliti (close reading), yaitu untuk memahami secara detail gagasan teks bacaan untuk melihat organisasi penulisan atau pendekatan yang digunakan oleh penulis;
b)   Membaca pemahaman (comprehensive reading), yaitu untuk memahami standar norma kesustraan, dan pola fisik
c)    Membaca kritis (critical reading), yaitu membaca dengan pemahaman yang lebih tinggi dan harus detail, perlu ditanggapi dan bahkan dianalisis bukan hanya mencari kesalahan orang lain;
d)   Membaca ide (reading for ideas), yaitu membaca untuk menemukan ide-ide pokok bacaan.
2)   Membaca telaah bahasa (language study reading), yang mencakup pula :
a)    Membaca bahasa asing (foreign language reading), yaitu membaca bahasa asing dengan baik dan benar untuk mengembangkan kosakata agar mencapai kefasihan;
b)   Membaca sastra (literary reading), yaitu membaca karya sastra, baik dalam hubungan dengan kepentingan apresiasi ataupun studi.


Berdasarkan beberapa aspek-aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam keterampilan membaca terdapat dua aspek yang harus diperhatikan yaitu (1) keterampilan yang bersifat mekanis, dan (2) keterampilan yang bersifat pemahaman. Kedua aspek tersebut terdapat aspek-aspek yang lebih kecil seperti pengenalan bentuk huruf, pengenalan ejaan kata, kalimat dengan baik dan benar, dan maksud atau makna dari sebuah bacaan.

DAFTAR PUSTAKA
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angka Bandung.

2 comments:

astiwahyuu said...

HAY KAK
cara membuat blog secantik ini bagaimana ya

Unknown said...

halo tyasti, coba kamu sering membaca cara membuat blog cantik di google. saya belajar otodidak dari google ^^

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace