SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Thursday 13 October 2016

Definisi Metode Drill

PENGERTIAN METODE DRILL

Metode adalah langkah operasional dari strategi pembelajaran yang dipilih untuk mencapai tujuan belajar. Menurut Syaiful Sagala dalam Haristia (2014:9) metode latihan (drill) atau training merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasan-kebiasaan tertentu. Juga sebagai sarana untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan.


Menurut Bahri (2010:95), metode drill adalah suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan- kebiasaan tertentu. Juga sebagai sarana untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang baik. Selain itu metode ini dapat juga digunakan untuk memperoleh atau meningkatkan suatu ketangkasan, ketepatan, kesempatan dan keterampilan.

Menurut Hamiyah (2014:54) Metode drill adalah suatu metode mengajar dengan memberikan pelatihan keterampilan secara berulang-ulang kepada peserta didik, dan mengajaknya langsung ke tempat latihan keterampilan untuk melihat proses, tujuan, fungsi, kegunaan dan manfaat dari sesuatu. Metode latihan keterampilan ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan atau pola yang otomatis pada siswa agar terbentuknya sebuah keterampilan yang permanen. Dengan menggunakan metode drill akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan latihan secara berulang agar memiliki keterampilan membaca yang lebih tinggi dari apa telah yang dipelajari.

Metode drill menurut Majid (2013:214) adalah cara membelajarkan siswa untuk mengembangkan kemahiran dan keterampilan serta dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli, maka dapat dipahami bahwa metode drill dapat disebut dengan metode latihan. Kata latihan mengandung arti bahwa sesuatu itu selalu diulang - ulang, maka metode drill adalah suatu cara guru membelajarkan siswanya dengan cara memberikan latihan secara berulang - ulang guna mengembangkan kemahiran dan keterampilan secara permanen.

DAFTAR PUSTAKA 

Bahri, Syaiful. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamiyah, Nur. 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Haristia, Yessy. 2014. Pengaruh Metode Latihan (Drill) Terhadap Kemampuan Menghitung Perkalian Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Setiadarma 04. Jurnal Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45 Bekasi.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace