RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD Bani Saleh 2 Bekasi
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 1 x 30 menit
Pokok
Bahasan : Mendeskripsikan Benda Sekitar
A. STANDAR KOMPETENSI
4.
Menulis permulaan dengan mencontoh, melengkapi dan
menyalin
B.
KOMPETENSI
DASAR
4.6 Menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda-benda disekitar
C.
INDIKATOR
1.
Kognitif
a. Mendeskripsikan
benda-benda disekitar
b. Menulis
kalimat dengan benar
2.
Afektif
a. Aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
b. Memperhatikan
penjelasan guru.
3.
Psikomotor
Mengembangkan motorik halus dalam
kegiatan menulis.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Kognitif
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan :
a. Peserta
didik mampu melengkapi cerita berdasarkan gambar
b. Peserta
didik mampu menyalin kalimat dengan benar
2.
Afektif
Setelah mengikuti
pembelajaran, diharapkan :
a. Peserta
didik dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b. Peserta
didik dapat memperhatikan penjelasan dari guru.
3.
Psikomotor
Setelah
mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan motorik
halusnya dalam kegiatan menulis
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Mendeskripsikan Benda-Benda
Disekitar
F.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran :
Pembelajaran Paikem
Metode Pembelajaran :
1. Tanya Jawab
2. Penugasan
3. Demonstrasi
G.
LANGKAH
– LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Awal (3 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
a. Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa sebelum
memulai pembelajaran
b. Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Siapa yang hari ini tidak masuk ?
· Mengapa ?
|
1
menit
|
2.
|
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Hari ini kita akan belajar mendeskripsikan
benda-benda disekitar
|
1 menit
|
3.
|
d.
Orientasi (Pendahuluan)
e.
Guru mengadakan kegiatan
apersepsi melalui tepuk semangat
|
1 menit
|
Kegiatan
Inti (24 menit)
No
|
Jenis Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Eksplorasi
a. Guru melakukan kegiatan demonstrasi
media pembelajaran mengenai benda-benda disekitar.
b. Siswa memperhatikan guru dan merespon penjelasan
yang guru berikan.
c. Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
|
5 menit
|
2.
|
Elaborasi
a. Guru
meminta beberapa siswa untuk mendeskripsikan benda yang dibawa olehnya di
depan kelas.
b. Guru
memberikan penugasan berupa lembar kerja siswa mengenai materi yang
berkaitan.
|
17
Menit
|
3.
|
Konfirmasi
a. Guru
mengadakan sesi tanya jawab mengenai hal – hal yang belum diketahui oleh
siswa
b. Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa, membenarkan
atau meluruskan yang salah, menambah hal yang masih kurang serta
memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari
|
2 Menit
|
Kegiatan
Akhir (3 menit)
No.
|
Jenis kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1.
2.
|
Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
·
Kita simpulkan pembelajaran kita hari ini
·
Hari ini kita sudah belajar tentang apa ?
Guru menutup kegiatan
pembelajaran.
|
3 Menit
|
H.
SUMBER
ATAU ALAT PEMBELAJARAN
1.
Sumber
Pembelajaran
a. Buku
Bahasa Indonesia kelas 1 SD
b. Kurikulum
KTSP
c. Model
Silabus kelas 1 SD
d. Internet
2.
Alat
Pembelajaran
a. Laptop
b. Media
Pembelajaran Konkret
c. Lembar
Kerja Siswa (LKS)
I.
PENILAIAN
1. Penilaian Kognitif
a.
Teknik Penilaian Kognitif : Lembar Kerja Siswa (LKS)
b.
Rubrik Penilaian Kognitif : -
2.
Penilaian
Afektif
1. Teknik
Penilaian Afektif
No
|
Nama Siswa
|
Keaktifan
|
Keantusiasan
|
Ekspresi
Wajah
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
2. Rubrik
Penilaian Afektif
No
|
Aspek Penilaian Sikap
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
3.
Aktif berpartisipasi
dalam mengikuti
pelajaran.
2. Cukup aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
1. Kurang aktif berpartisipasi dalam mengikuti
pelajaran
|
2
|
Antusias dalam
merespon pelajaran
|
3. Bersemangat dalam merespon
pelajaran.
2. Cukup bersemangat
dalam merespon
pelajaran.
1. Kurang bersemangat
dalam merespon
pelajaran.
|
3
|
Menunjukkan ekspresi
saat kegiatan pelajaran sedang berlangsung
|
3. Menunjukkan
ekspresi wajah ceria saat
mengikuti pelajaran.
2. Menunjukkan
ekspresi wajah cukup ceria
saat mengikuti pelajaran.
1. Menunjukkan
ekspresi wajah datar saat
mengikuti pelajaran
|
3.
Penilaian
Psikomotor
a. Teknik
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama Siswa
|
Bergerak
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
Dst ...
|
|
|
|
Keterangan
:
3
= Baik
2
= Cukup Baik
1
= Kurang Baik
b. Rubrik
Penilaian Psikomotor
No
|
Aspek Penilaian Psikomotor
|
Kriteria Penilaian
|
1
|
Menulis
|
3. Menulis sesuai
dengan instruksi guru
2. Menulis dengan
terpaksa sesuai dengan
instruksi guru
1. Tidak menulis
|
1 comments:
terima kasih banyak mbak Putri :):)
BLOG mbak Putri sangat membantu :):)
Post a Comment