SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Saturday, 11 June 2016

Laporan PPLK UNISMA PGSD - BAB II




BAB II
DESKRIPSI KEADAAN SEKOLAH

A.    Sejarah Sekolah
Yayasan Bani Saleh  didirikan  oleh dr. Subki Abdulkadir  pada tahun 1978 dengan akte notaris Ny. Hj. S. Kamariah Suparwo, SH. Nomor 4  tahun  1978, dengan nama Yayasan  Pembina Pendidikan dan Kesehatan (YPPK) Bani Saleh.  Semula Yayasan Pembina Pendidikan dan Kesehatan (YPPK) Bani Saleh hanya bergeatk di bidang dakwah dan sosial. Kemudian pada tahun selanjutnya, Yayasan Pembina Pendidikan dan Kesehatan (YPPK) Bani Saleh mengembangkan bidang pendidikan dan kesehatan, serta  pelayanan pemberangkatan ibadah haji dan umroh, sesuai dengan nama yayasan.
Sehubungan dengan terbitnya Undang-Undang Nomor  16  Tahun 2001 tentang Yayasan, Yayasan Pembina Pendidikan dan Kesehatan Bani Saleh melalui akte notaris yang diterbitkan oleh Sarinande Djibran, SH.  Nomor 09 tanggal 09 September 2008, berganti nama menjadi Yayasan Bani Saleh, dengan program dan bidang kegiatan yang sama.



B.     Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
1.    Visi : Membentuk generasi mandiri, berprestasi dan berakhlaqul kharimah
2.    Misi :
a.     Menerapkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah S.W.T
b.     Menerapkan kedisipilinan peserta didik dalam mentaatti tata  tertib yang berlaku secara konsisten dan konsekwen.
c.  Melaksanakan pembelajaran exstrakulikuler secara efektif sesuai  bakat dan minat peserta didik.
d.      Melaksanakan pembinaan praktik sholat wajib dan membaca al-qur’an secara baik dan benar.
3.    Tujuan:
Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah Sekolah Berwawasan Imtaq, dan Iptek.

Struktur Organisasi Sekolah (Terlampir)



A.    Keadaan dan Potensi Sekolah
1.    Keadaan Sekolah
a.    Lingkungan : Lingkungan Perumahan
b.    Sarana dan Prasarana
1)   Tanah dan halaman
Tanah sekolah sepenuhnya milik Yayasan Bani Saleh. Luas. areal seluruhya ± 1051 m2. Sekitar sekolah dikelilingi oleh pagar sepanjang ± 500  m2.
2)   Gedung Sekolah
Bangunan sekolah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar memadai. Keadaan gedung sekolah, antara lain :
Luas Bangunan              : 768 m2
Ruang Kepala Sekolah  : 6 m2
Ruang TU                      : 9 m2
Ruang Guru                   : 12 m2
Ruang Kelas                  : 36 m2
Ruang Lab IPA             : tidak ada
Ruang Lab Komputer    : 25m2
Ruang Perpustakaan      : 12 m2
Ruang Serba Guna         : 36 m2
Masjid                            : 169 m2
Ruang Olahraga             : tidak ada
3)   Komponen Perlengkapan Sekolah
No
Komponen Perlengkapan
Ada
Tidak
1
Rencana Harian / Rencana Pengajaran

2
Rangkuman Materi / Batasan Harian

3
Bank Soal

4
Buku Daftar Nilai

5
Buku Program perbaikan dan Pengayaan

6
Buku Analisis Hasil Evaluasi

7
Buku Keliling A dan B

8
Porto Folio

9
Buku Program BP

10
Buku Daftar Kelas

11
Buku Daftar Hadir Siswa

12
Buku Mutasi Siswa

13
Buku Inventaris Kelas / KIR

14
Buku Penyerahan / Pengembalian Raport

15
Buku Notula Rapat Sekolah

16
Buku Notula KKG

17
Buku co Kurikuler

18
Buku Ekstrakurikuler

19
Buku Kenaikan Kelas

20
Buku Tamu

21
Buku Pembinaan

22
Buku Konsultasi Orang Tua

23
Struktur Organisasi kelas

24
Jadwal Pelajaran

25
Daftar Regu Kerja

26
Papan Absen

27
Tata Tertib Kelas

28
Kesetiaan Negara dan Aransi Kelas

29
Kebersihan Kelas

30
Buku Supervisi

31
Buku Ulangan Siswa


4)   Anggaran Sekolah
Anggaran sekolah berasal dari dana BOS dan dana Infaq Pendidikan dari Orang tua siswa/i sesuai kesediaan orang tua setiap bulan. Alokasi dana terutama diperuntukkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler dan juga untuk memenuhi kelengkapan sarana belajar peserta didik.
Tahun Pelajaran
Pemerintah
(Rupiah)
Infaq Pendidikan
(Rupiah)
Jumlah
(Rupiah)
2007 / 2008
-
Rp. 2.144.640,00

2008 / 2009
-
Rp. 2.554.800,00

2009 / 2010
-
Rp. 3.255.000,00

2010 / 2011
-
Rp. 3.960.000,00

2011 / 2012
-
Rp. 4.667.000,00

2012 / 2013
-
Rp. 5.368.000,00

2013 / 2014
-
Rp. 6.060.900,00

2014/2015

Rp.6.770.000,00

2015/2016

Rp. 7.471. 000,00


5)      Personil Sekolah
Sekolah Dasar Bani Saleh  didirikan  oleh dr. Subki Abdulkadir  pada tahun 1978. Jumlah seluruh personil sekolah ada sebanyak 24 orang, terdiri atas guru 14 orang, karyawan tata usaha 1 orang, dan pesuruh 2 orang.
a)    Keadaan Personil Sekolah
No.
Nama
Jabatan
Status
1
Dra. Hj Ida Arijani
Kepala Sekolah
GTY
2
Siti Paryani, S.Pd
Guru
GTY
3
Ida Sumiati, S.Pd
Guru
GTY
4
Yane Pandayani, S.Pd
Guru
GTY
5
Endah Suryani, S.Pd.I
Guru
GTY
6
Dede Hodijah, S.Pd
Guru
GTY
7
Ishak Ismail, S.Pd.I
Guru
GTY
8
Teguh Sundari, S.Pd
Guru
GTY
9
Nur Al Istadziyah, S.Pd
Guru
GTY
10
Dedi Supriyadi, S.Pd
Guru
GTY
11
Rahmat S.Pd
Guru
GTY
12
Teguh Sundari
Tata Usaha
GTY
13
Yusnimar
Perpustakaan
GTY
14
Cecep Muklis
Cleaning Service
GTY
15
Anang
Satpam / Security
GTY

b)   Keadaan Peserta Didik
Jumlah Peserta Didik Tahun 2015 / 2016
Kelas
Jumlah
Jumlah
Laki-laki
Wanita
I
8
11
19
II
10
10
20
III
5
15
20
IV
11
15
26
V
14
11
25
VI
9
10
19
Jumlah
57
72
129



6)   Input dan Output UAS
Pencapaian nilai rata-rata UAS peserta dari tahun ke tahun cenderung mengalami  kenaikan.
Input Tahun
Rata-rata UAS
Yang Ke SMPN
Swasta
Pesantren
2006 / 2007
77,23
24%
38%
38%
2007 / 2008
77,63
28%
65%
7%
2008 / 2009
77,37
45%
20%
35%
2009 / 2010
68,43
12,50%
54%
33,50%
2010 / 2011
81,66
20,51%
53,84%
20,52%
2011 / 2012
74,00
27,58%
32,75%
37,93%
2012 / 2013
76,10
20,40%
59,18%
20,40%
2013/2014
78,66
26%
75%
40%
2014/2015
83,20
23%
56,86%
38%

Faktor ekonomi keluarga dan kurangnya kesadaran terhadap pendidikan diduga menjadi penghambat dalam kemajuan pendidikan di sekolah.
  
2.    Potensi Sekolah
a.    Deskripsi Keunggulan Sekolah
1)        Di SD Bani Saleh 2 pembelajaran dimulai pukul. 06.45 s.d. 15.45 WIB, yang diselenggarakan dalam 5 hari tiap pekannya ditambah hari Sabtu untuk kegiatan ekstra kurikuler sampai pukul 10.00 WIB.
2)        SD Bani Saleh 2 memiliki fasilitas belajar yang cukup memadai dan lingkungan yang kondusif sehingga sangat memberikan rasa aman dan nyaman bagi proses belajar mengajar, didukung oleh para pengajar yang memiliki kompetensi di bidangnya dan memiliki jiwa professionalisme yang tinggi.
3)        Kurikulum yang digunakan mengacu pada kurikulum DIKNAS dan DEPAG Serta kurikulum BANI SALEH dengan mengutamakan nilai-nilai islami dengan menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT.

b.   Program Unggulan
1)   Pemantapan belajar yang dilaksanakan sebagai sarana pendalaman materi bagi siswa kelas VI
2)   Pembekalan aqidah dan akhlak bagi siswa kelas VI
3)   Pesantren ramadhan bagi siswa kelas I sampai siswa kelas VI
4)   Kegiatan English Day dan Arabic Day setiap hari Selasa
5)   Malam bina iman dan taqwa bagi kelas V dan kelas VI
6)   Study Tour dan Outbond.

c.    Moment Day
1)   Cooking Day
2)   Marketing Day
3)   Writing Day
4)   Profesi Day
5)   English Day
6)   Arabic Day

d.   Kegiatan Ekstrakurikuler
No.
Kegiatan
Kegiatan Siswa Kelas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
BTQ
PRAMUKA
FUTSAL
MEWARNAI
MELUKIS
MENARI
TAPAK SUCI
1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6
1 , 2 , 3
4 , 5 , 6
1 , 2 , 3
1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6

e.    Prestasi Sekolah
1)     Juara III kompetensi Antar SD se-jabotabek motaru experience
2)     Juara I lomba siswa berprestasi kelas IV 2010/2011
3)     Juara II lomba cerdas cermat FSDSD 2011
4)     Juara I Try Out UASBN SD 2011/2012
5)     Juara I membuat alat teknologi sederhana tingkat gugus VIII
6)     Juara II melukis tingkat gugus VIII kecamatan Rawa Lumbu.
7)     Juara III lomba mewarnai kecamatan Rawa Lumbu


E.       Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar (Terlampir)

0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace