SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Saturday, 11 June 2016

RPP Bahasa Indonesia Kelas 1 SD semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan    :  SD Bani Saleh 2 Bekasi
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          :  I / 1
Alokasi Waktu           :  1 x 30 menit
Pokok Bahasan         :  Mendeskripsikan Benda Sekitar


A.      STANDAR KOMPETENSI
4.    Menulis permulaan dengan mencontoh, melengkapi dan menyalin

B.       KOMPETENSI DASAR
4.6  Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda-benda disekitar

C.      INDIKATOR
1.    Kognitif
a.    Mendeskripsikan benda-benda disekitar
b.    Menulis kalimat dengan benar
2.    Afektif
a.    Aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.    Memperhatikan penjelasan guru.
3.    Psikomotor
Mengembangkan motorik halus dalam kegiatan menulis.

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Kognitif
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan :
a.    Peserta didik mampu melengkapi cerita berdasarkan gambar
b.    Peserta didik mampu menyalin kalimat dengan benar
2.    Afektif
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan :
a.    Peserta didik dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran.
b.    Peserta didik dapat memperhatikan penjelasan dari guru.
3.    Psikomotor
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan motorik halusnya dalam kegiatan menulis

E.       MATERI PEMBELAJARAN
Mendeskripsikan Benda-Benda Disekitar

F.       MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran        :  Pembelajaran Paikem
Metode Pembelajaran      :  1. Tanya Jawab
                                            2. Penugasan
                                            3. Demonstrasi
                                        

G.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal (3 menit)
No.
Jenis kegiatan
Alokasi Waktu
1.
a.     Guru menyapa siswa dan mengajak berdoa sebelum memulai pembelajaran
b.     Guru memeriksa kehadiran siswa
·      Siapa yang hari ini tidak masuk ?
·      Mengapa ?
1 menit
2.
c.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·     Hari ini kita akan belajar mendeskripsikan benda-benda disekitar
1 menit

3.
d.   Orientasi (Pendahuluan)
e.    Guru mengadakan kegiatan apersepsi melalui tepuk semangat
1 menit

Kegiatan Inti (24 menit)
No
Jenis Kegiatan
Alokasi Waktu



1




Eksplorasi
a.     Guru melakukan kegiatan demonstrasi media pembelajaran mengenai benda-benda disekitar.
b.     Siswa memperhatikan guru dan merespon penjelasan yang guru berikan.
c.     Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
5 menit


 2.
Elaborasi
a.     Guru meminta beberapa siswa untuk mendeskripsikan benda yang dibawa olehnya di depan kelas.
b.     Guru memberikan penugasan berupa lembar kerja siswa mengenai materi yang berkaitan.
17 Menit

3.


Konfirmasi
a.     Guru mengadakan sesi tanya jawab mengenai hal – hal yang belum diketahui oleh siswa
b.     Guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa, membenarkan
atau meluruskan yang salah, menambah hal yang masih kurang serta memberikan penguatan tentang materi yang telah dipelajari
2 Menit


Kegiatan Akhir (3 menit)
No.
Jenis kegiatan
Alokasi Waktu
1.



2.
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran
·      Kita simpulkan pembelajaran kita hari ini
·      Hari ini kita sudah belajar tentang apa ?
Guru menutup kegiatan pembelajaran.
3 Menit


H.      SUMBER ATAU ALAT PEMBELAJARAN
1.    Sumber Pembelajaran
a.    Buku Bahasa Indonesia kelas 1 SD
b.    Kurikulum KTSP
c.    Model Silabus kelas 1 SD
d.   Internet
2.    Alat Pembelajaran
a.    Laptop
b.    Media Pembelajaran Konkret
c.    Lembar Kerja Siswa (LKS)

I.         PENILAIAN
1.    Penilaian Kognitif    
a.    Teknik Penilaian Kognitif  : Lembar Kerja Siswa (LKS)
b.    Rubrik Penilaian Kognitif  : -
2.    Penilaian Afektif
1.    Teknik Penilaian Afektif
No
Nama Siswa
Keaktifan
Keantusiasan
Ekspresi Wajah
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3










4










5
Dst ...










  Keterangan :
     3  =  Baik
     2  =  Cukup Baik
     1  =  Kurang Baik

2.    Rubrik Penilaian Afektif
No
Aspek Penilaian Sikap
Kriteria Penilaian
1
Berpartisipasi dalam mengikuti pelajaran
3. Aktif berpartisipasi dalam mengikuti
    pelajaran.
2. Cukup aktif berpartisipasi dalam mengikuti
    pelajaran
1. Kurang aktif berpartisipasi dalam mengikuti
    pelajaran
2
Antusias dalam merespon pelajaran
3. Bersemangat dalam merespon pelajaran.
2. Cukup bersemangat dalam merespon
    pelajaran.
1. Kurang bersemangat dalam merespon
    pelajaran.
3
Menunjukkan ekspresi saat kegiatan pelajaran sedang berlangsung
3. Menunjukkan ekspresi wajah ceria saat
    mengikuti pelajaran.
2. Menunjukkan ekspresi wajah cukup ceria
    saat mengikuti pelajaran.
1. Menunjukkan ekspresi wajah datar saat
    mengikuti pelajaran


3.    Penilaian Psikomotor
a.    Teknik Penilaian Psikomotor

No
Nama Siswa
Bergerak
1
2
3
1




2




3




4




5
Dst ...




Keterangan :
     3  =  Baik
     2  =  Cukup Baik
     1  =  Kurang Baik

b.    Rubrik Penilaian Psikomotor

No
Aspek Penilaian Psikomotor
Kriteria Penilaian
1
Menulis
3. Menulis sesuai dengan instruksi guru
2. Menulis dengan terpaksa sesuai dengan
    instruksi guru
1. Tidak menulis

1 comments:

Dian lestari said...

terima kasih banyak mbak Putri :):)
BLOG mbak Putri sangat membantu :):)

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace