PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata
kuliah intra kurikuler yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan
tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan meningkatan
kemampuan dan wawasan mahasiswa sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus
studi. Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian nyata
seorang mahasiswa kepada masyarakat yang sebenarnya. Setelah mendapatkan materi
perkuliahan yang senantiasanya dapat berguna didalam lingkungan masyarakat itu
sendiri.
Dalam kegiatan
pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat
memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat. Selain itu, pembenahan
sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program
kerja bagi mahasiswa. Dengan kata lain, melalui KKN ini, mahasiswa membantu
pembangunan dalam masyarakat. Dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
kinerja yang harus diupayakan secara berkesinambungan, yaitu dengan menerapkan
berbagai model dan corak pembangunan. Oleh karena itu, baik secara kelompok
maupun individual, dalam KKN ini sudah pasti mahasiswa mengamati dengan cermat
apa yang menjadi permasalahan dan petensi yang dimiliki masyarakat dengan
melakukan penelitian pada setiap sektor kehidupan bermasyarakat.
Bagi mahasiswa
kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar baru yang tidak diperoleh didalam
kampus. Dengan selesainya KKN mahasiswa memiliki pengetahuan, kemampuan dan
kesadaran baru tentang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara
sosiologis dalam kemandirian manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan
yang paling mendasar dalam menjalankan proses hidupnya. Interaksi sosial ini terbangun
sebagai konsekuensi logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada sisi–sisi
tertentu kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan sesamanya.
Institusi
Pendidikan tinggi adalah salah satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab
dalam usaha pencapaian cita-cita ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi
merupakan benteng terakhir dalam menghadapi segala goncangan dan problematika
kebangsaan. Pendidikan tinggi harus mampu berperan sebagai produsen
pengetahuan, laboratorium pengujian kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu
mendiagnosa penyakit dan prolematika kebangsaan serta menformulasi resep
alternatif yang solutif terhadap penyakit dan problematika tersebut, secara
aktif dan kreatif menyusun metodologi yang proporsional dan profesional untuk
mengaplikasikan segala gagasan dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat.
Secara umum konsep operasional itu tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi
yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu
bentuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada
masyarakat, karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan
dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah
diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah ruang
pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.
B.
Tujuan
dan Manfaat Pelaksanaan Kegiatan KKN
Adapun Tujuan
dan Kegunaan dari Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah sebagai
berikut :
1.
Sebagai wujud orientasi Tri Darma
Pergutuan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.
2.
Memberi pengalaman kepada mahasiswa
tentang kondisi yang terdapat pada masyarakat dan bagaimana hidup di
tengah-tengah masyarakat dengan mengimplementasikan disiplin ilmu yang kita
miliki.
3.
Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan
masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan.
4.
Meningkatkan hubungan antara Perguruan
Tinggi dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan masyarakat secara
langsung.
5.
Untuk belajar memahami karakteristik
masyarakat pedesaan yang majemuk dengan segala pola hidup masing-masing.
C.
Lokasi
dan Waktu Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
1.
Lokasi
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Wilayah
pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Jurusan PGSD FKIP UNISMA Bekasi
berlokasi di Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat yang terdiri atas 16 Desa, yaitu : Desa Gandasari,
Desa Linggarsari, Desa Gandasoli, Desa Rawasari, Desa Citeko Kaler, Desa
Plered, Desa Palinggihan, Desa Sindangsari, Desa Babakan Sari, Desa Sempur,
Desa Anjun, Desa Cibogohilir, Desa Citeko, Desa Liung Gunung, Desa Cibogo
Girang, dan Desa Pamoyaman.
Dan pada
kesempatan ini kami selaku peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) ditempatkan di Desa
Citeko Kaler Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta dengan jumlah peserta
sebanyak 12 orang.
2.
Waktu
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Waktu
pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata PGSD FKIP UNISMA Bekasi mulai dari tanggal 18
Januari 2016 s/d 17 Februari 2016. Dengan mengusung tema “Mengembangkan
Kecerdasan Akademik Mahasiswa Dengan Semangat Bermasyarakat Melalui Kegiatan
KKN”
D.
Bidang
Tugas Mahasiswa dalam Kegiatan KKN
Bidang
tugas mahasiswa dalam kegiatan KKN Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa PGSD
Universitas Islam ‘45’ Bekasi di Desa Citeko Kaler adalah sebagai berikut :
Tabel 1
Daftar Bidang Tugas Mahasiswa KKN
No
|
Bidang Tugas
|
Nama Mahasiswa
|
Kegiatan yang Dilaksanakan
|
1
|
Pendidikan
|
1.
Martha Puspita Rima P
2.
Maharani Laksmita D
3.
Windi May Triyuda
|
1. Mengajar
di SD
2. Bimbingan
Belajar
3. Lomba
Mewarnai Antar Kelas
|
2
|
Kemasyarakatan
|
1. Ridwan
2. Rosita
Sartika Sari
3. Nia
Andriani
|
1. Melatih
Marawis
2. Ikut
serta dalam kegiatan di Kantor Desa
|
3
|
Kesehatan
|
1. Ali
Hanapiah
2. Anggi
Oktaviani Putri
3. Feti
Yunita Sari
|
1. PHBS
(Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
2. Posyandu
|
4
|
Sarana
dan Prasarana
|
1. Novi
Choerunnisa
2. Sari
Mutiah Arifiani
3. Achsani
Novidya
|
1. Pemasangan
Banner
2. Alat-alat
Marawis
|
E.
Sistematika
Laporan Kegiatan KKN
Di dalam
penulisan laporan Kuliah
Kerja Nyata (KKN) ini, menggunakan sistematika penulisan laporan yang terdiri
dari :
Lembar
Pengesahan.........................................................................
Surat
Keterangan.............................................................................
Kata
Pengantar................................................................................
Daftar
Isi........................................................................................
Daftar
Tabel....................................................................................
Daftar Lampiran..............................................................................
BAB I : PENDAHULUAN...............................................................
A.
Latar
Belakang
B.
Tujuan
dan Manfaat Kegiatan KKN
C.
Lokasi
dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan KKN
D.
Bidang
Tugas Mahasiswa dalam Kegiatan KKN
E.
Sistematika
Laporan Kegiatan KKN
BAB II : KONDISI WILAYAH........................................................
A.
Kondisi
Desa Citeko Kaler
B.
Kondisi
Pemerintahan Desa
BAB III : PELAKSANAAN PROGRAM...........................................
A. Bidang Pendidikan
B. Bidang Kesehatan
C. Bidang Kemasyarakatan, Kepemudaan
dan Keagamaan
D. Bidang Pembangunan Fisik
E. Rencana Anggaran
BAB IV : EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KKN...............
A. Bidang Pendidikan
B. Bidang Kesehatan
C. Bidang Kemasyarakatan, Kepemudaan
dan Keagamaan
D. Bidang Pembangunan Fisik
E. Realisasi Anggaran
BAB V :
PENUTUP........................................................................
A. Kesimpulan
B. Saran
1 comments:
Ini judulnya apa
Post a Comment