SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Saturday, 11 June 2016

Laporan KKN UNISMA PGSD - BAB I




BAB I
PENDAHULUAN


A.           Latar Belakang
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah intra kurikuler yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan meningkatan kemampuan dan wawasan mahasiswa sebagai bekal hidup di masyarakat setelah lulus studi. Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk pengabdian nyata seorang mahasiswa kepada masyarakat yang sebenarnya. Setelah mendapatkan materi perkuliahan yang senantiasanya dapat berguna didalam lingkungan masyarakat itu sendiri.
Dalam kegiatan pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat. Selain itu, pembenahan sarana dan prasarana merupakan kegiatan yang dilakukan serta menjadi program kerja bagi mahasiswa. Dengan kata lain, melalui KKN ini, mahasiswa membantu pembangunan dalam masyarakat. Dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat kinerja yang harus diupayakan secara berkesinambungan, yaitu dengan menerapkan berbagai model dan corak pembangunan. Oleh karena itu, baik secara kelompok maupun individual, dalam KKN ini sudah pasti mahasiswa mengamati dengan cermat apa yang menjadi permasalahan dan petensi yang dimiliki masyarakat dengan melakukan penelitian pada setiap sektor kehidupan bermasyarakat.
Bagi mahasiswa kegiatan KKN merupakan pengalaman belajar baru yang tidak diperoleh didalam kampus. Dengan selesainya KKN mahasiswa memiliki pengetahuan, kemampuan dan kesadaran baru tentang bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Secara sosiologis dalam kemandirian manusia bahwa interaksi sosial adalah kebutuhan yang paling mendasar dalam menjalankan proses hidupnya. Interaksi sosial ini terbangun sebagai konsekuensi logis dari kesadaran manusia bahwa kebutuhan pada sisi–sisi tertentu kemanusiannya tidak dapat tercapai tanpa interaksi dengan sesamanya.
Institusi Pendidikan tinggi adalah salah satu elemen Bangsa yang turut bertanggung jawab dalam usaha pencapaian cita-cita ideal Negara tersebut. Pendidikan tinggi merupakan benteng terakhir dalam menghadapi segala goncangan dan problematika kebangsaan. Pendidikan tinggi harus mampu berperan sebagai produsen pengetahuan, laboratorium pengujian kebenaran, menjaga aset pengetahuan, mampu mendiagnosa penyakit dan prolematika kebangsaan serta menformulasi resep alternatif yang solutif terhadap penyakit dan problematika tersebut, secara aktif dan kreatif menyusun metodologi yang proporsional dan profesional untuk mengaplikasikan segala gagasan dalam bentuk tindakan yang riil di masyarakat. Secara umum konsep operasional itu tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.  Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, karena mahasiswa diberi kesempatan secara langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mengaplikasikan segala bentuk pengetahuan yang telah diperoleh di perguruan tinggi sekaligus Kuliah Kerja Nyata adalah ruang pembelajaran yang baru bagi mahasiswa untuk pengembangan dirinya.

B.            Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan Kegiatan KKN
Adapun Tujuan dan Kegunaan dari Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah sebagai berikut :
1.    Sebagai wujud orientasi Tri Darma Pergutuan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.
2.    Memberi pengalaman kepada mahasiswa tentang kondisi yang terdapat pada masyarakat dan bagaimana hidup di tengah-tengah masyarakat dengan mengimplementasikan disiplin ilmu yang kita miliki.
3.    Memberi pengalaman belajar tentang pembangunan masyarakat dan pengalaman kerja nyata pembangunan.
4.    Meningkatkan hubungan antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan masyarakat secara langsung.
5.    Untuk belajar memahami karakteristik masyarakat pedesaan yang majemuk dengan segala pola hidup masing-masing.

C.           Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
1.    Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Wilayah pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Jurusan PGSD FKIP UNISMA Bekasi berlokasi di Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat  yang terdiri atas 16 Desa, yaitu : Desa Gandasari, Desa Linggarsari, Desa Gandasoli, Desa Rawasari, Desa Citeko Kaler, Desa Plered, Desa Palinggihan, Desa Sindangsari, Desa Babakan Sari, Desa Sempur, Desa Anjun, Desa Cibogohilir, Desa Citeko, Desa Liung Gunung, Desa Cibogo Girang, dan Desa Pamoyaman.
Dan pada kesempatan ini kami selaku peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) ditempatkan di Desa Citeko Kaler Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta dengan jumlah peserta sebanyak 12 orang.
2.    Waktu Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Waktu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata PGSD FKIP UNISMA Bekasi mulai dari tanggal 18 Januari 2016 s/d 17 Februari 2016. Dengan mengusung tema “Mengembangkan Kecerdasan Akademik Mahasiswa Dengan Semangat Bermasyarakat Melalui Kegiatan KKN”

D.           Bidang Tugas Mahasiswa dalam Kegiatan KKN
Bidang tugas mahasiswa dalam kegiatan KKN Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa PGSD Universitas Islam ‘45’ Bekasi di Desa Citeko Kaler adalah sebagai berikut :

Tabel 1
Daftar Bidang Tugas Mahasiswa KKN

No
Bidang Tugas
Nama Mahasiswa
Kegiatan yang Dilaksanakan
1
Pendidikan
1.    Martha Puspita Rima P
2.    Maharani Laksmita D
3.    Windi May Triyuda
1.    Mengajar di SD
2.    Bimbingan Belajar
3.    Lomba Mewarnai Antar Kelas
2
Kemasyarakatan
1.    Ridwan
2.    Rosita Sartika Sari
3.    Nia Andriani
1.    Melatih Marawis
2.    Ikut serta dalam kegiatan di Kantor Desa
3
Kesehatan
1.    Ali Hanapiah
2.    Anggi Oktaviani Putri
3.    Feti Yunita Sari
1.     PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
2.     Posyandu
4
Sarana dan Prasarana
1.    Novi Choerunnisa
2.    Sari Mutiah Arifiani
3.    Achsani Novidya
1.     Pemasangan Banner
2.     Alat-alat Marawis

E.            Sistematika Laporan Kegiatan KKN
Di dalam penulisan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, menggunakan sistematika penulisan laporan yang terdiri dari :
Lembar Pengesahan.........................................................................
Surat Keterangan.............................................................................
Kata Pengantar................................................................................
Daftar Isi........................................................................................
Daftar Tabel....................................................................................
Daftar Lampiran..............................................................................
            BAB I : PENDAHULUAN...............................................................
A.     Latar Belakang
B.      Tujuan dan Manfaat Kegiatan KKN
C.      Lokasi dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan KKN
D.     Bidang Tugas Mahasiswa dalam Kegiatan KKN
E.      Sistematika Laporan Kegiatan KKN
BAB II : KONDISI WILAYAH........................................................
A.        Kondisi Desa Citeko Kaler
B.        Kondisi Pemerintahan Desa
BAB III : PELAKSANAAN PROGRAM...........................................
A.   Bidang Pendidikan
B.   Bidang Kesehatan
C.   Bidang Kemasyarakatan, Kepemudaan dan Keagamaan
D.   Bidang Pembangunan Fisik
E.    Rencana Anggaran
BAB IV : EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM KKN...............
A.   Bidang Pendidikan
B.   Bidang Kesehatan
C.   Bidang Kemasyarakatan, Kepemudaan dan Keagamaan
D.   Bidang Pembangunan Fisik
E.    Realisasi Anggaran
BAB V : PENUTUP........................................................................
A.   Kesimpulan
B.   Saran



1 comments:

BISNIS-MAN said...

Ini judulnya apa

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace