A. DEFINISI APRESIASI
APRESIASI UNTUK MENILAI HASIL KARYA SENI
Apresiasi yang dimaksud adalah apresiasi yang
diberikan kepada apresiator untuk menilai baik dan kurang baik hanya
berdasarkan pengamatan belaka. Apresiasi atau penilaian ini bias any dilakukan
oleh orang awam yang tidak punya pengetahuan dan pengalaman dalam bidang seni.
Penilaian juga berkaitan dengan keindahan setelah mengamatinya.
APRESIASI UNTUK MEMBANDINGKAN HASIL KARYA SENI
Penilaian dengan ukuran objektif
artinya, menilai bagus tidaknya karya seni atas dasar ukuran kenyataan dan
objek (karya seni rupa) itu sendiri. Bila karyanya memiliki ukuran secara
objektif bagus, maka kita katakan bagus. Demikian juga sebaliknya.
APRESIASI SEBAGAI KRITIK SENI
Apresiasi
kritik seni adalah apresiasi yang dilakukan secara ilmiah dan sepenuhnya
bersifat keilmuan dengan menampilkan data secara tepat, dengan analisis,
interpretasi, dan peneilaian yang bertanggung jawab. Apresiasi ini biasanya
dilakukan oleh para kritikus yang memang secara khusus mendalami bidang
tersebut. Dengan adanya kritik seni, seniman diharap mampu mengembangkan
kemampuannya untuk dapat membuat karya seni yang lebih bermutu.
B. UNSUR APRESIASI
Untuk
mengapresiasi suatu karya seni rupa, berikut adalah unsur-unsur yang perlu
diperhatikan:
·
Gaya
·
Teknik
·
Tema
·
Komposisi
C. JENIS APRESIASI
Jenis-jenis
apresiasi yaitu:
1. Apresiasi kinetik: memberikan minat pada sebuah karya sastra lalu berlanjut pada keseriusan untuk melakukan langkah-langkah apresiatif secara aktif.
2. Apresiasi verbal: pemberian penafsiran, penilaian, tanggapan, komentar, kritik dan saran serta pujian.
1. Apresiasi kinetik: memberikan minat pada sebuah karya sastra lalu berlanjut pada keseriusan untuk melakukan langkah-langkah apresiatif secara aktif.
2. Apresiasi verbal: pemberian penafsiran, penilaian, tanggapan, komentar, kritik dan saran serta pujian.
D. PENERAPAN APRESIASI DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Apresiasi sering kita
dengar dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam membicarakan
seni. Dalam penerapan apresiasi di KBM misal saya mengambil contoh apresiasi
seni tari di kalangan sekolah dasar.
Dalam seni tari,
apresiasi yang diberikan adalah dengan Memberikan kebebasan kepada siswa agar
mampu dan berani mencurahkan mengungkapkan pendapat, menganalisis dan
membandingkan karya seni tari. Kegiatan ini siswa perlu diberi pengalaman dalam
mengamati, menghayati, menganalisis, membandingkan suatu bentuk karya seni
tari.
[*]Menganalisis: siswa dapat menganalisis berdasarkan
karya tari yang diamatinya [*]Mengidentifikasi: Siswa dapat mengidentifikasikan
dari karya tari yang diamatinya.
[*]Mengintrepretasikan: Siswa dapat mengintrepretasikan
dari hasil pengamatan karya tari yang diamatinya.
[*]Mengkritis: siswa dapat menyampaikan kritik
terhadap karaya tari yang diamatinya.
[*]Menilai: siswa dapat menilai terhadap hasil pengamatan
terehadap karya tari.
0 comments:
Post a Comment