SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Monday, 6 October 2014

Laporan Observasi Ke Sekolah Dasar



BAB I


BIOGRAFI


 


A. PROFIL SEKOLAH


I. IDENTITAS SEKOLAH

Nama                                       :  SDS Bani Saleh II Bekasi

NSS                                         :  102026510042

NPSN                                      :  20231563

Alamat                                     :  Jl. Penegak II Blok IV Bumi Bekasi Baru Kota Bekasi -

    17115

Kelurahan                                :  Pengasinan

Kecamatan                              :   Rawalumbu

Kab/Kota                                :   Bekasi

Provinsi                                   :  Jawa Barat

No. Telp                                  :   021 – 8223249

Nama Kepala Sekolah             :  Dra. Hj. Ida Arijani

Kategori Sekolah                    :   Reguler

Tahun Pendirian                      :   1989

Status Sekolah                         :  Terakreditasi “A”

Kelompok Sekolah                  :  Inti

Keg.Belajar Mengajar             :  Pagi

Bangunan Sekolah                  :  Milik Sendiri

Luas Bangunan                       :  1.500 m2

Luas Tanah                              :  2.300 m2

               

II. FASILITAS SEKOLAH

1. Ruang Kelas Ber-AC                      6.  Ruang TU & Kepala Sekolah

2. Ruang UKS                                    7.   Kantin                    

3. Ruang Perpustakaan                       8.   Lapangan

4. Ruang Komputer                            9.   Masjid

5. Ruang Guru                                    10. Toilet & Tempat Berwudhu



B. VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH


VISI :

Membentuk Generasi Mandiri, Berprestasi dan Berakhlaqul Karimah



MISI :

1)      Menerapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sejak dini

2)      Membentuk peserta didik untuk mengenal potensi pribadi sehingga menumbuhkan sikap mandiri  dalam belajar, berbuat dan bertindak

3)    Menerapkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib yang berlaku secara konsisten dan konsekwen

4)      Melaksanakan pembelajaran ekstrakulikuler secara efektif sesuai bakat dan minat peserta didik

5)      Melaksanakan pembinaan praktik shalat wajib dan membaca Al-Qur’an secara baik dan benar

6)  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga peserta didik dapat    berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar minimal

7)   Meningkatkan aktivitas & kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler

8)  Menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuh kembangkan kemampuan berfikir aktif,    kreatif, dan inovatif dalam memecahkan masalah

9)   Menumbuhkan semangat berprestasi melalui pembinaan dan pelatihan untuk seluruh unsur yang ada disekolah

10)  Menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan komite serta instansi lain yang terkait untuk memajukan sekolah



TUJUAN :

Membentuk manusia seutuhnya, sehat jasmani dan rohani dengan Visi dan Misi SD 2 Bani Saleh sebagai aplikasinya, serta mengedepankan imtaq dan iptek.




C. JENJANG PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH


Nama                           :  Dra. Hj. Ida Arijani

T.T.L                           :  Madiun, 11 November 1961

Jabatan                        :  Kepala Sekolah SDS Bani Saleh II Bekasi

Jenjang Pendidikan     :

NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1972
SDN Telaga Endrakila Madiun
2
SMP
1978
SMP Santo Yusuf Madiun
3
SMA
1981
SMAN 2 Madiun
4
Universitas
1986
IKIP Yogyakarta ( S1, Prodi : Akuntasi)

D. JENJANG PENDIDIKAN GURU KELAS (YANG DI OBSERVASI)

Nama                           :  Yane Pandayani, S.Pd
T.T.L                           :  Jakarta, 15 Januari 1974
Jabatan                         :  Guru Kelas 1 SD
Jenjang Pendidikan     :
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1981
SDN 09 Cipinang Muara
2
SMP
1986
SMP 51 Pondok Bambu Jaktim
3
SMA
1989
SMEA Strada Budi Luhur Bekasi
4
Universitas
1994
Univ. Muhammadiyah Sumatera Barat (S1, Prodi : PGSD)

Nama                           :  Siti Paryani, S.Pd
T.T.L                           :  Kebumen, 26 Juni 1965
Jabatan                        :  Guru Kelas 2 SD
Jenjang Pendidikan     :
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1978
SDN Gesikan Kebumen
2
SMP
1981
SMPN 03 Kebumen
3
SMA
1985
SPG Muhammadiyah Jaktim
4
Universitas
2010
STKIP Kusuma Negara Jaktim(S1, Prodi : Matematika)
 













BAB II


HASIL OBSERVASI


 


 


A. WAKTU PELAKSANAAN


Saya melakukan observasi untuk memperoleh data-data mengenai proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) pada kurikulum 2013, kegiatan observasi dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal        :  Rabu, 24 September 2014

Tempat                   :  SDS Bani Saleh II Bekasi

                             Waktu                    :  08.00 s/d selesai



B. KEGIATAN PEMBELAJARAN SAAT OBSERVASI


     Kelas Observasi                 :  II (Dua)

     Guru Kelas                         :  Siti Paryani, S.Pd

     Jumlah Siswa                     :  29 siswa

     Model Pembelajaran          :  Tematik (Bahasa Indonesia)

     Kurikulum                          :  2013

     Tema                                  :   Kegemaranku



Kelas Observasi                  :  I (Satu)

Guru Kelas                         :  Yane Pandayani, S.Pd

Jumlah Siswa                      :  26 siswa

Model Pembelajaran           :  Tematik (Matematika)

Kurikulum                          :  2013

Tema                                   :  Perbandingan Ukur



C. DESKRIPSI HASIL OBSERVASI


1. Deskripsi Kelas II SD

Berdasarkan hasil pelaksanaan observasi yang telah saya jalankan, perlu kiranya saya menjelaskan hal-hal mengenai proses pembelajaran siswa siswi kelas II SD di SDS Bani Saleh II adalah sebagai berikut :

1.    Keterampilan Membuka Pelajaran

Di awal sebelum memasuki materi pelajaran, guru melakukan refleksi kecil berbentuk nyanyiian khas berjudul “mana siapmu” yang diciptakan sendiri oleh sekolah. Nyanyian tersebut berbunyi :

Guru                       : “Mana.. Mana.. Rapihmu..”

Siswa siswi             : “Ini.. Ini.. Rapihku..”

Guru                       : “Mana.. Mana.. Siapmu..”

Siswa siswi             : “Ini.. Ini.. Siapku..”

Guru                       : “Mana..?”

Siswa siswi             : “Ini...”

Guru                       : “Mana.. Mana.. Mana..?”

Siswa Siswi            : “Ini.. Ini.. Ini..”

Guru                       : “Kelas dua....”

Siswa Siswi            : “Yes.. Yes.. Yes..”

Nyanyian tersebut dilakukan dengan tujuan agar Bu guru dapat mengarahkan perhatian siswa siswi sehingga mereka dikelas mau merapikan posisi duduk mereka. Disamping itu, dapat pula menimbulkan semangat belajar siswa sebelum masuk ke dalam materi pembelajaran. Namun sayangnya, Bu guru tidak mengaitkan bahan belajar yang hari sebelumnya sudah dipelajari dengan bahan belajar yang hari ini akan dipelajari.



2.    Keterampilan Bertanya

Bu guru memiliki keterampilan bertanya yang baik yaitu dengan mengadakan variasi belajar yang menyenangkan melalui beberapa pertanyaan yang membuat para siswa bersemangat untuk menjawabnya.



3. Keterampilan Memberi Penguatan Kepada Siswa

            Di dalam proses belajar yang sedang berlangsung, bu guru suka memberikan pujian-pujian untuk siswanya. Pujian-pujian tersebut meliputi perkataan “pintar”, “anak sholeh” , selain perkataan, guru memberikan pujian berbentuk non verbal dengan gerakan mendekati merangkul siswanya dan memberikan simbol berupa bintang untuk siswa yang melakukan tugas latihannya dengan baik.



4. Keterampilan Menyajikan Materi Pembelajaran

            Saat memasuki materi pelajaran, mata pelajaran yang dibahas pada hari dimana saya sedang melakukan kegiatan observasi adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema ........ Kegiatan belajar yang dilakukan adalah kegiatan membaca yang di awali guru membaca per kalimat kemudian di ucap ulang siswanya. Lalu siswa membacanya secara bersama-sama, di lanjutkan dengan membaca secara individu di depan kelas.

            Lalu Bu guru mengadakan variasi belajar melalui pengadaan pertanyaan agar kondisi kelas tidak jenuh, kegiatan ini menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar. Siswa tampak antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh bu guru. Setelah pengadaan pertanyaan, guru memberikan penugasan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi pelajaran yang telah mereka pelajari.



5. Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar

            Keterampilan mengadakan variasi mengajar yang guru lakukan adalah variasi penggunaan suara berupa intonasi yang sesuai dengan situasi materi pelajaran. Variasi suara guru dilakukan agar pembelajaran tidak terlihat membosankan karena suara yang datar dari awal pertemuan hingga akhir pertemuan.

            Selain keterampilan variasi suara yang dilakukan, guru juga menggunakan variasi gerak badan. Guru mengadakan variasi gerak badan agar dapat mengelola kelasnya dengan baik, sehingga posisi guru tidak hanya berdiri di depan papan tulis atau duduk di meja guru saja, namun bergerak menghampiri siswa-siswanya agar juga terlihat tidak membosankan.



6. Keterampilan Mengelola Kelas

            Ketika proses belajar sedang berlangsung, suasana kelas terlihat ramai namun keramaiannya tersebut tidak serta merta karena bercanda atau bergurau, tetapi siswa membahas materi pelajarannya. Siswa tetap mengikuti alur materi pelajaran yang bu guru sampaikan.



7. Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok

            Pada saat materi pelajaran, metode yang dilakukan guru tidak melakukan metode diskusi secara kelompok. Bu guru hanya memberikan penugasan tertulis kepada siswa secara individu saja.



8. Keterampilan Menutup Pelajaran

            Pada saat materi pelajaran dengan kegiatan membaca tersebut telah selesai, bu guru memberikan penugasan tertulis kepada siswa secara individu. Bu guru memberikan tantangan kepada siswanya, apabila 10 siswa pertama yang dapat menyelesaikan tugas latihannya lebih dulu, ia mendapatkan bintang lima yang kemudian akan guru masukkan ke dalam penilaiannya.



BAB III


PENUTUP






A. Kesimpulan






Secara umum kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bisa memperoleh data informasi yang akurat langsung dari objek sasaran. Proses pembelajaran yang berada di kelas I maupun kelas II SDS Bani Saleh II Bekasi cukup baik karena pembelajaran sudah sangat mewakili pengaplikasian pembelajaran berkarakter di kurikulum 2013.

Proses pembelajaran kelas I yang dilaksanakan pada saat saya melakukan observasi yaitu pukul 10.00 berlangsung cukup baik. Kondisi kelas cukup kondusif karena guru dapat melakukan pengelolaan kelas dengan baik. Siswa terlihat tampak antusias mengikuti alur materi pembelajaran yang diberikan oleh bu Yane.

Proses pembelajaran kelas II yang dilaksanakan pada saat saya melakukan observasi yaitu pukul 08.00 berlangsung cukup baik. Kondisi kelas ramai namun siswa masih dapat mengikuti alur materi pembelajaran dengan baik. Siswa terlihat tampak semangat mengikuti alur materi pembelajaran yang diberikan oleh bu Yani.



B. Saran


Saran kegiatan observasi di kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu di sarankan pada calon guru seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu pembelajara. Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah mengajar kelak.


LAMPIRAN

SUASANA KELAS 1 SD





                                                               
                                                    SUASANA KELAS 2 SD









1 comments:

faisal faliyandra said...

terimakasih, sangat membantu.

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace