BAB I
BIOGRAFI
A. PROFIL SEKOLAH
I. IDENTITAS SEKOLAH
Nama : SDS Bani Saleh II Bekasi
NSS : 102026510042
NPSN : 20231563
Alamat : Jl. Penegak II Blok IV Bumi Bekasi Baru Kota
Bekasi -
17115
Kelurahan :
Pengasinan
Kecamatan :
Rawalumbu
Kab/Kota : Bekasi
Provinsi : Jawa Barat
No. Telp : 021 – 8223249
Nama Kepala Sekolah :
Dra. Hj. Ida Arijani
Kategori Sekolah : Reguler
Tahun Pendirian : 1989
Status Sekolah :
Terakreditasi “A”
Kelompok Sekolah : Inti
Keg.Belajar Mengajar :
Pagi
Bangunan Sekolah : Milik
Sendiri
Luas Bangunan : 1.500
m2
Luas
Tanah : 2.300 m2
II. FASILITAS SEKOLAH
1. Ruang Kelas Ber-AC 6. Ruang TU & Kepala
Sekolah
2. Ruang UKS 7. Kantin
3. Ruang Perpustakaan 8. Lapangan
4. Ruang Komputer 9. Masjid
5. Ruang Guru 10. Toilet &
Tempat Berwudhu
B. VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
VISI :
Membentuk Generasi Mandiri, Berprestasi
dan Berakhlaqul Karimah
MISI :
1) Menerapkan
keimanan dan ketaqwaan kepada Allah sejak dini
2) Membentuk
peserta didik untuk mengenal potensi pribadi sehingga menumbuhkan sikap mandiri
dalam belajar, berbuat dan bertindak
3) Menerapkan
kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib yang berlaku secara
konsisten dan konsekwen
4) Melaksanakan
pembelajaran ekstrakulikuler secara efektif sesuai bakat dan minat peserta
didik
5) Melaksanakan
pembinaan praktik shalat wajib dan membaca Al-Qur’an secara baik dan benar
6) Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga peserta didik dapat
berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UN di atas standar minimal
7) Meningkatkan
aktivitas & kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan
intrakurikuler dan ekstrakurikuler
8) Menyelenggarakan
pembelajaran untuk menumbuh kembangkan kemampuan berfikir aktif, kreatif, dan
inovatif dalam memecahkan masalah
9) Menumbuhkan
semangat berprestasi melalui pembinaan dan pelatihan untuk seluruh unsur yang
ada disekolah
10) Menjalin
hubungan dan kerjasama yang baik dengan komite serta instansi lain yang terkait
untuk memajukan sekolah
TUJUAN :
Membentuk manusia seutuhnya, sehat
jasmani dan rohani dengan Visi dan Misi SD 2 Bani Saleh sebagai aplikasinya,
serta mengedepankan imtaq dan iptek.
C. JENJANG PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH
Nama : Dra. Hj. Ida Arijani
T.T.L : Madiun, 11 November 1961
Jabatan : Kepala Sekolah SDS Bani Saleh II Bekasi
Jenjang Pendidikan :
NO
|
TINGKAT PENDIDIKAN
|
TAHUN LULUS
|
LEMBAGA PENDIDIKAN
|
1
|
SD
|
1972
|
SDN Telaga Endrakila Madiun
|
2
|
SMP
|
1978
|
SMP Santo Yusuf Madiun
|
3
|
SMA
|
1981
|
SMAN
2 Madiun
|
4
|
Universitas
|
1986
|
IKIP
Yogyakarta ( S1, Prodi : Akuntasi)
|
D. JENJANG PENDIDIKAN GURU KELAS (YANG DI OBSERVASI)
Nama : Yane Pandayani, S.Pd
T.T.L : Jakarta, 15 Januari 1974
Jabatan : Guru Kelas 1 SD
Jenjang Pendidikan :
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1981
SDN
09 Cipinang Muara
2
SMP
1986
SMP 51 Pondok Bambu Jaktim
3
SMA
1989
SMEA
Strada Budi Luhur Bekasi
4
Universitas
1994
Univ.
Muhammadiyah Sumatera Barat (S1, Prodi : PGSD)
Nama : Siti Paryani, S.Pd
T.T.L : Kebumen, 26 Juni 1965
Jabatan : Guru Kelas 2 SD
Jenjang Pendidikan :
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1978
SDN
Gesikan Kebumen
2
SMP
1981
SMPN 03 Kebumen
3
SMA
1985
SPG
Muhammadiyah Jaktim
4
Universitas
2010
STKIP
Kusuma Negara Jaktim(S1, Prodi : Matematika)
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1981
SDN
09 Cipinang Muara
2
SMP
1986
SMP 51 Pondok Bambu Jaktim
3
SMA
1989
SMEA
Strada Budi Luhur Bekasi
4
Universitas
1994
Univ.
Muhammadiyah Sumatera Barat (S1, Prodi : PGSD)
NO
TINGKAT PENDIDIKAN
TAHUN LULUS
LEMBAGA PENDIDIKAN
1
SD
1978
SDN
Gesikan Kebumen
2
SMP
1981
SMPN 03 Kebumen
3
SMA
1985
SPG
Muhammadiyah Jaktim
4
Universitas
2010
STKIP
Kusuma Negara Jaktim(S1, Prodi : Matematika)
BAB II
HASIL OBSERVASI
A. WAKTU PELAKSANAAN
Saya melakukan observasi untuk memperoleh data-data mengenai proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) pada kurikulum 2013, kegiatan observasi dilaksanakan pada :
Hari / Tanggal : Rabu, 24 September 2014
Tempat : SDS
Bani Saleh II Bekasi
Waktu : 08.00 s/d selesai
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN SAAT OBSERVASI
Kelas Observasi : II (Dua)
Guru Kelas : Siti Paryani, S.Pd
Jumlah Siswa : 29
siswa
Model Pembelajaran : Tematik (Bahasa
Indonesia)
Kurikulum : 2013
Tema : Kegemaranku
Kelas Observasi : I (Satu)
Guru Kelas : Yane
Pandayani, S.Pd
Jumlah Siswa : 26
siswa
Model Pembelajaran :
Tematik (Matematika)
Kurikulum :
2013
Tema : Perbandingan Ukur
C. DESKRIPSI HASIL OBSERVASI
1.
Deskripsi Kelas II SD
Berdasarkan hasil
pelaksanaan observasi yang telah saya jalankan, perlu kiranya saya menjelaskan
hal-hal mengenai proses pembelajaran siswa siswi kelas II SD di SDS Bani Saleh
II adalah sebagai berikut :
1.
Keterampilan Membuka Pelajaran
Di
awal sebelum memasuki materi pelajaran, guru melakukan refleksi kecil berbentuk
nyanyiian khas berjudul “mana siapmu” yang diciptakan sendiri oleh sekolah.
Nyanyian tersebut berbunyi :
Guru :
“Mana.. Mana.. Rapihmu..”
Siswa siswi :
“Ini.. Ini.. Rapihku..”
Guru :
“Mana.. Mana.. Siapmu..”
Siswa siswi :
“Ini.. Ini.. Siapku..”
Guru :
“Mana..?”
Siswa siswi :
“Ini...”
Guru :
“Mana.. Mana.. Mana..?”
Siswa Siswi :
“Ini.. Ini.. Ini..”
Guru :
“Kelas dua....”
Siswa Siswi :
“Yes.. Yes.. Yes..”
Nyanyian tersebut
dilakukan dengan tujuan agar Bu guru dapat mengarahkan perhatian siswa siswi
sehingga mereka dikelas mau merapikan posisi duduk mereka. Disamping itu, dapat
pula menimbulkan semangat belajar siswa sebelum masuk ke dalam materi pembelajaran.
Namun sayangnya, Bu guru tidak mengaitkan bahan belajar yang hari sebelumnya
sudah dipelajari dengan bahan belajar yang hari ini akan dipelajari.
2. Keterampilan
Bertanya
Bu
guru memiliki keterampilan bertanya yang baik yaitu dengan mengadakan variasi
belajar yang menyenangkan melalui beberapa pertanyaan yang membuat para siswa
bersemangat untuk menjawabnya.
3. Keterampilan
Memberi Penguatan Kepada Siswa
Di dalam proses belajar yang sedang
berlangsung, bu guru suka memberikan pujian-pujian untuk siswanya. Pujian-pujian
tersebut meliputi perkataan “pintar”, “anak sholeh” , selain perkataan, guru
memberikan pujian berbentuk non verbal dengan gerakan mendekati merangkul
siswanya dan memberikan simbol berupa bintang untuk siswa yang melakukan tugas
latihannya dengan baik.
4. Keterampilan
Menyajikan Materi Pembelajaran
Saat memasuki materi pelajaran, mata
pelajaran yang dibahas pada hari dimana saya sedang melakukan kegiatan
observasi adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema ........ Kegiatan
belajar yang dilakukan adalah kegiatan membaca yang di awali guru membaca per
kalimat kemudian di ucap ulang siswanya. Lalu siswa membacanya secara
bersama-sama, di lanjutkan dengan membaca secara individu di depan kelas.
Lalu Bu guru mengadakan variasi
belajar melalui pengadaan pertanyaan agar kondisi kelas tidak jenuh, kegiatan
ini menjadikan siswa lebih semangat dalam belajar. Siswa tampak antusias dalam
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh bu guru. Setelah pengadaan pertanyaan,
guru memberikan penugasan kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui sejauh
mana siswa memahami materi pelajaran yang telah mereka pelajari.
5. Keterampilan
Mengadakan Variasi Mengajar
Keterampilan mengadakan variasi
mengajar yang guru lakukan adalah variasi penggunaan suara berupa intonasi yang
sesuai dengan situasi materi pelajaran. Variasi suara guru dilakukan agar
pembelajaran tidak terlihat membosankan karena suara yang datar dari awal
pertemuan hingga akhir pertemuan.
Selain keterampilan variasi suara
yang dilakukan, guru juga menggunakan variasi gerak badan. Guru mengadakan
variasi gerak badan agar dapat mengelola kelasnya dengan baik, sehingga posisi
guru tidak hanya berdiri di depan papan tulis atau duduk di meja guru saja,
namun bergerak menghampiri siswa-siswanya agar juga terlihat tidak membosankan.
6. Keterampilan
Mengelola Kelas
Ketika proses belajar sedang
berlangsung, suasana kelas terlihat ramai namun keramaiannya tersebut tidak
serta merta karena bercanda atau bergurau, tetapi siswa membahas materi
pelajarannya. Siswa tetap mengikuti alur materi pelajaran yang bu guru
sampaikan.
7. Keterampilan
Membimbing Diskusi Kelompok
Pada saat materi pelajaran, metode
yang dilakukan guru tidak melakukan metode diskusi secara kelompok. Bu guru
hanya memberikan penugasan tertulis kepada siswa secara individu saja.
8. Keterampilan
Menutup Pelajaran
Pada saat materi pelajaran dengan
kegiatan membaca tersebut telah selesai, bu guru memberikan penugasan tertulis
kepada siswa secara individu. Bu guru memberikan tantangan kepada siswanya,
apabila 10 siswa pertama yang dapat menyelesaikan tugas latihannya lebih dulu,
ia mendapatkan bintang lima yang kemudian akan guru masukkan ke dalam
penilaiannya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara umum kegiatan observasi di
kelas merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, karena kita bisa
memperoleh data informasi yang akurat langsung dari objek sasaran. Proses
pembelajaran yang berada di kelas I maupun kelas II SDS Bani Saleh II Bekasi
cukup baik karena pembelajaran sudah sangat mewakili pengaplikasian pembelajaran
berkarakter di kurikulum 2013.
Proses pembelajaran kelas I yang
dilaksanakan pada saat saya melakukan observasi yaitu pukul 10.00 berlangsung
cukup baik. Kondisi kelas cukup kondusif karena guru dapat melakukan
pengelolaan kelas dengan baik. Siswa terlihat tampak antusias mengikuti alur
materi pembelajaran yang diberikan oleh bu Yane.
Proses pembelajaran kelas II yang
dilaksanakan pada saat saya melakukan observasi yaitu pukul 08.00 berlangsung
cukup baik. Kondisi kelas ramai namun siswa masih dapat mengikuti alur materi
pembelajaran dengan baik. Siswa terlihat tampak semangat mengikuti alur materi
pembelajaran yang diberikan oleh bu Yani.
B. Saran
Saran kegiatan observasi di kelas
merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat, untuk itu di sarankan pada
calon guru seperti kita dapat mengetahui bagaimana seorang guru mengajar suatu
pembelajara. Kemudian kita sebagai sorang calon guru tentunya dapat memilih
mana yang baik dan tidak baik untuk diajarkan kepada murid kita ketika sudah
mengajar kelak.
LAMPIRAN
SUASANA KELAS 1 SD
SUASANA KELAS 2 SD
1 comments:
terimakasih, sangat membantu.
Post a Comment