SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Sunday, 23 April 2017

Pembelajaran Menyenangkan

A. Apa itu Pembelajaran Menyenangkan?


   Pembelajaran menyenangkan adalah adanya pola hubungan baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Guru memosisikan diri sebagai mitra belajar siswa, bahkan dalam hal tertentu tidak menutup kemungkinan guru belajar dari siswanya. Dalam hal ini perlu diciptakan suasana yang demokratis dan tidak ada beban, baik guru maupun siswa dalam melakukan proses pembelajaran. (DR.Rusman, M.Pd, 2011, hlm.326).

   Artinya jika tercipta suasana pembelajaran yang rileks, bebas dari tekanan, aman, menarik, bangkitnya minat belajar, adanya keterlibatan penuh, perhatian peserta didik tercurah, lingkungan belajar yang menarik, bersemangat, perasaan gembira, konsentrasi tinggi, maka bisa dikatakan pengajar telah menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan.
  Guru dapat mengembangkan profesionalitasnya dalam mendidik. Penyampaian pembelajaran dengan metode pembelajaran yang variatif menjadi salah satu cara mengatasi kebosanan siswa dalam belajar. Hal ini dapat didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang berkualitas. Misalnya, guru dapat menyajikan materi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selain itu dengan berbagai metode-metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif membuat para siswa tidak jenuh terhadap materi dan lebih berkembang.



B. Metode Pembelajaran Menyenangkan di Dalam Kelas



    Pertama-tama, cobalah mengajak siswa merubah suasana belajar setidaknya merubah posisi tempat duduk di kelas yang tadinya posisi sejajar menghadap ke papan tulis diubah melingkar mengelilingi kelas atau dibuat berkumpul menjadi satu meja di tengah ruang kelas. Selanjutnya cobalah menyapa siswa dengan ramah dan bersemangat agar memikat hati siswa.

   Kemudian, cobalah mengubah metode ceramah yang dipakai guru menjadi metode diskusi yaitu dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkelompok, berdiskusi, menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, memberikan kelompok lain menanggapi hasil diskusi dan menyimpulkan hasil diskusi bersama-sama. 

  Ciptakan pula suasana yang rileks yaitu dengan menciptakan lingkungan yang nyaman. Selain itu, ciptakanlah suasana kelas dimana siswa tidak takut melakukan kesalahan. Untuk menanamkan keberanian kepada siswa dalam mengemukakan pendapat atau menjawab pertanyaan, katakan kepada siswa ji ka j awabannya salah katakan “KAN LAGI BELAJAR”. Karena sedang belajar, maka kesalahan adalah suatu yang lumrah dan tidak berdosa.


B. Metode Pembelajaran Menyenangkan di Luar Kelas


    Kondisi tempat belajar mempengaruhi menyenangkan atau tidaknya kegiatan belajar. Coba bayangkan jika kita terus menerus duduk atau berdiri pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama di dalam kelas, jelas merasakan kebosanan yang memuncak, sama halnya dengan siswa yang selama ini duduk di bangku dan ruang yang sama setelah beberapa kali pertemuan belajar.
     Belajar tidak harus di dalam kelas, belajar di ruang terbuka bisa memberikan suasana belajar baru yang berkesan, seperti metode karya wisata mencari dan menemukan objek yang dicari. Jika perlu belajar di ruang lain misalnya ruang multimedia, laboratorium, auditorium atau ke luar ruang/di alam terbuka yang akan membuat siswa menemukan hal baru selama belajar. Dengan perubahan suasana belajar akan menambah semangat belajar dan merubah pembelajaran yang tadinya membosankan menjadi pembelajaan yang menyenangkan


Sumber :
http://www.guru-id.com
http://www.hipwee.com

0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace