SELAMAT DATANG DI BLOG MARTHA PUSPITA RIMA PUTRI ^_^ BLOG BERBAGI INFORMASI SEPUTAR ILMU PENGETAHUAN DAN DUNIA PENDIDIKAN :)

Sunday, 9 July 2017

Tujuan Membaca

TUJUAN MEMBACA

Membaca hendaknya mempunyai tujuan, karena seseorang yang membaca dengan suatu tujuan, cenderung lebih memahami dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai tujuan. Dalam kegiatan membaca dikelas, guru seharusnya menyusun tujuan membaca yang menyediakan tujuan khusus yang sesuai dengan membantu guru menyusun tujuan membaca siswa itu sendiri.
Tujuan pembelajaran membaca harus disesuaikan dengan kurikulum dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sehingga siswa dapat memiliki kompetensi didalam pokok bahasan membaca. Dalam hal ini, siswa dituntut untuk terampil dalam membaca sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menurut Tarigan (2008:9), mengemukakan bahwa tujuan utama dalam membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Makna erat sekali berhubungan dengan maksud tujuan, atau intensif kita dalam membaca.
Menurut Anderson dalam Dalman (2013:11), ada tujuh macam tujuan dari kegiatan membaca, yaitu :
1)   Reading for details or fact (Membaca untuk memperoleh fakta atau perincian);
2)   Reading for main ideas (Membaca untuk memperoleh ide-ide utama);
3)   Reading for squence or organization (Membaca untuk mengetahui urutan atau susunan struktur karangan);
4)   Reading for inference (Membaca untuk menyimpulkan);
5)   Reading to classify (Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan);
6)   Reading to evaluate (Membaca untuk menilai atau mengevaluasi); dan
7)   Reading to compare or contrast (Membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan).

Menurut Blanton dalam Farida (2010:11), menyatakan bahwa tujuan membaca mencakup :
1)   Kesenangan;
2)   Menyempurnakan membaca nyaring;
3)   Menggunakan strategi tertentu;
4)   Memperbaharui pengetahuannya tentang suatu topik;
5)   Mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya;
6)   Memperoleh informasi untuk laporan lisan atau tertulis;
7)   Mengkonfirmasikan atau menolak prediksi.
8)   Menampilkan suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain dan mempelajari tentang struktur teks; dan
9)   Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.


Berdasarkan pendapat para ahli, maka dapat dipahami bahwa terdapat berbagai macam tujuan membaca, semuanya dapat dicapai sesuai dengan kepentingan pembaca. Salah satu hal terpenting dari tujuan dasar membaca adalah untuk memperoleh informasi. Oleh sebab itu, sebelum membaca sebaiknya kita tentukan dahulu tujuan membaca kita agar informasi yang kita inginkan tercapai.

DAFTAR PUSTAKA

Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angka Bandung.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

0 comments:

Post a Comment

Love is...
© Rima Putri's Blog - Template by Blogger Sablonlari - Font by Fontspace