TUJUAN MEMBACA
Membaca
hendaknya mempunyai tujuan, karena seseorang yang membaca dengan suatu tujuan,
cenderung lebih memahami dibandingkan dengan seseorang yang tidak mempunyai
tujuan. Dalam kegiatan membaca dikelas, guru seharusnya menyusun tujuan membaca
yang menyediakan tujuan khusus yang sesuai dengan membantu guru menyusun tujuan
membaca siswa itu sendiri.
Tujuan
pembelajaran membaca harus disesuaikan dengan kurikulum dan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) sehingga siswa dapat memiliki kompetensi didalam pokok bahasan
membaca. Dalam hal ini, siswa dituntut untuk terampil dalam membaca sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
Menurut
Tarigan (2008:9), mengemukakan bahwa tujuan utama dalam membaca adalah untuk
mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan. Makna
erat sekali berhubungan dengan maksud tujuan, atau intensif kita dalam membaca.
Menurut
Anderson dalam Dalman (2013:11), ada tujuh macam tujuan dari kegiatan membaca,
yaitu :
1) Reading for details or fact
(Membaca untuk memperoleh fakta atau perincian);
2) Reading for main ideas
(Membaca untuk memperoleh ide-ide utama);
3) Reading for squence or organization (Membaca
untuk mengetahui urutan atau susunan struktur karangan);
4) Reading for inference
(Membaca untuk menyimpulkan);
5) Reading to classify
(Membaca untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan);
6) Reading to evaluate
(Membaca untuk menilai atau mengevaluasi); dan
7) Reading to compare or contrast
(Membaca untuk membandingkan atau mempertentangkan).
Menurut
Blanton dalam Farida (2010:11), menyatakan bahwa tujuan membaca mencakup :
1) Kesenangan;
2) Menyempurnakan
membaca nyaring;
3) Menggunakan
strategi tertentu;
4) Memperbaharui
pengetahuannya tentang suatu topik;
5) Mengaitkan
informasi baru dengan informasi yang telah diketahuinya;
6) Memperoleh
informasi untuk laporan lisan atau tertulis;
7) Mengkonfirmasikan
atau menolak prediksi.
8) Menampilkan
suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari suatu teks
dalam beberapa cara lain dan mempelajari tentang struktur teks; dan
9) Menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.
Berdasarkan
pendapat para ahli, maka dapat dipahami bahwa terdapat berbagai macam tujuan
membaca, semuanya dapat dicapai sesuai dengan kepentingan pembaca. Salah satu
hal terpenting dari tujuan dasar membaca adalah untuk memperoleh informasi.
Oleh sebab itu, sebelum membaca sebaiknya kita tentukan dahulu tujuan membaca
kita agar informasi yang kita inginkan tercapai.
DAFTAR PUSTAKA
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angka
Bandung.
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raya
Grafindo Persada.
Rahim, Farida. 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
0 comments:
Post a Comment