Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SD ....
Mata Pelajaran : IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 1 x 20
menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
Mendeskripsikan lingkungan rumah.
B.
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan
letak rumah.
C.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mendeskripsikan letak
rumahnya sendiri
2. Siswa dapat menyebutkan arah mata
angin
3. Siswa dapat membedakan rumah yang
ada di desa dan di kota
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi
ini, diharapkan siswa dapat :
1. Mendeskripsikan letak
rumah
2. Menyebutkan arah mata
angin
3. Membedakan rumah yang
ada di desa dan di kota
E.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
LETAK RUMAH
Letak adalah tempat beradanya sesuatu agar tahu letak
Kamu harus tahu arah mata angin
Arah mata angin ada utara, selatan, timur dan barat
Matahari terbit diarah timur
Matahari terbenam di arah barat
2.
AYO
MENYIMAK
LETAK RUMAH BUDI
Ini
gambar letak rumah Budi.
Alamat
rumah Budi Jalan anggun dusun teladan desa sukamaju.
Letak
jalan anggun di bagian timur desa.
Dari
SDN 1 Sukamaju lurus ke timur.
Ada
puskesmas dan masjid.
Ada
juga perempatan.
Dari
perempatan ke arah kanan jalan anggun ada di urutan pertama ada kantor
kelurahan.
Rumah Budi sebelah
selatan kantor desa.
AYO JAWAB PERTANYAAN DI BAWAH INI !
1. Di mana alamat rumah Budi ?
2. Dari perempatan rumah Budi ke arah mana ?
3. Dari SDN 1 sukamaju rumah Budi ke arah mana ?
4. Dari puskesmas di mana letak rumah Budi ?
5. Apa kantor yang dekat dengan rumah Budi ?
3. LETAK RUMAH BERDASARKAN DAERAHNYA
A. RUMAH DI DESA
Rumah di desa halamannya luas
Jarak rumahnya berjauhan
Tanah di desa masih luas
Di desa masih banyak hutan
Di desa masih banyak sawah
Udara di desa sangat sejuk
2. RUMAH
DI KOTA
Rumah di kota halamannya sempit
Jarak setiap rumah sangat dekat
Tanah di kota padat
Di kota banyak gedung
Di kota tidak ada hutan
Udara di kota panas
F.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. MODEL PEMBELAJARAN
Cooperative Active Learning
2.
METODE PEMBELAJARAN
2.1
Metode Demonstrasi
2.2
Metode Tanya Jawab
2.3
Metode Ceramah
2.4
Metode Bercerita
G.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Awal
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Siswa dikondisikan agar siap untuk belajar
|
1 Menit
|
2
|
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
masing-masing
|
1 Menit
|
3
|
Siswa dan guru menyanyikan lagu “Kalau Kau
Suka Hati”
|
1 Menit
|
4
|
Siswa mendapatkan informasi dari guru
tentang tujuan pembelajaran pada pertemuan hari ini
|
1 Menit
|
b.
Kegiatan Inti
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Eksplorasi
a. Siswa dibagi
menjadi kelompok – kelompok kecil masing -
masing beranggotakan 3 – 4 orang
b. Guru
membagikan teks bacaan dan lembar kerja siswa kepada tiap kelompok
|
3 Menit
|
2.
|
Elaborasi
a. Guru dan
siswa membaca teks bacaan secara bersama - sama
b. Siswa
menyanyikan lagu arah mata angin
c. Guru
mengadakan tanya jawab hal yang berkaitan pada teks bacaan
d. Siswa mengerjakan lembar tugas (menggambar denah
rumahnya) secara individu
e. Siswa menceritakan tugas individu tersebut kepada
teman - temannya di depan kelas
|
10 Menit
|
3.
|
Konfirmasi
b.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai
materi yang belum dipahami
|
2 Menit
|
c.
Kegiatan Akhir
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Siswa bersama guru memberikan kesimpulan mengenai
materi pelajaran yang telah diperolehnya hari ini
|
2 Menit
|
2.
|
Guru menutup pelajaran
|
1 Menit
|
H.
SUMBER DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
SUMBER PEMBELAJARAN
a.
Buku IPS
Terpadu
b.
Google
(Artikel)
2. ALAT PEMBELAJARAN
a.
Video
b.
Notebook
c.
Proyektor
d.
Power Point
I.
PENILAIAN
1. TEKNIK
PENILAIAN
a. Tes Lisan
b. Tes Tertulis
2. BENTUK
INSTRUMEN
a. Instrumen Non Tes (Menggambar)
b. Terlampir
LAMPIRAN
BENTUK INSTRUMEN
NAMA :
KELAS :
MENCERITAKAN
LETAK RUMAH KAMU
1. Apa nama alamat rumah tinggalmu ?
Jawab
:
2. Sebelah
timur rumahmu ada .....
3. Sebelah
barat rumahmu ada .....
4. Sebelah
utara rumahmu ada .....
5. Sebelah
selatan rumahmu ada .....
AYO
GAMBARKAN LETAK RUMAH MU ( posisi rumahmu berada di tengah / pusat)
0 comments:
Post a Comment